PROGRAM KEMANDIRIAN LAPAS KLAS II B MUARA TEWEH UTAMAKAN BENGKEL KERJA PRODUKTIF

27

         Muara Teweh (24/03) Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Muara Teweh merupakan UPT dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang letaknya disebelah utara dan menempuh jarak  kurang lebih 10 jam perjalanan darat dari kota Palangka Raya. Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Muara Teweh yang dikepalai oleh Mohammad Yahya sedang giat-giatnya melakukan program kemandirian bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berfokus pada Bengkel Kerja Produktif.

21

      Hal inilah yang menjadi dasar kenapa WBP turut berperan serta dalam program tersebut karena menurut Yahya, kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Lapas Muara Teweh apabila nantinya sudah habis masa tahanannya mereka terjun ke masyarakat sudah mempunyai keahlian kerja yang didapatkan sewaktu masih didalam Lapas. Selain itu juga untuk mempersiapkan pembukaan lapangan kerja bagi pribadi warga tersebut dan bisa bermanfaat bagi diri mereka sendiri maupun keluarganya.

    Kegiatan kerja yang dilaksanakan di Lapas Klas II B Muara Teweh meliputi pertukangan seperti pembuatan batako press, Meubelair, Pembuatan Asbak dari batang pohon. Untuk perbengkelan yakni bengkel las seperti pembuatan teralis dan yang lebih menarik yakni pembuatan layang gantung/Gantolle. Selain itu juga Yahya mengatakan WBP Lapas Muara Teweh juga dibina untuk membuat tempe, membudiyakanan ikan lele, tanaman Buah Naga dan Sayur sayuran yang bisa menjadikan nilai ekonomis bagi Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Muara Teweh.

6

     Pada kesempatan ini pula Mohammad Yahya menyarankan khususnya kepada Lapas/Rutan Se-Kalimantan Tengah agar untuk dapur dalam memasak nasi agar menggunakan raise cooker jumbo karena selain nasi yang dimasak tidak ada keraknya dan kualitas nasinya pun jauh lebih baik dari pada dimasak dengan menggunakan kawah, selain itu juga dengan menggunakan raise cooker jumbo ini akan lebih praktis, dan efisien karena tenaga yang digunakan tidak perlu banyak selain itu juga penggunaan bahan bakar yaitu gas jauh lebih hemat.  Create : Pirhan Humas Kalteng.

Dokumentasi Foto Kegiatan :

1

3

5

7

9

11

12

17

18

19

20

 

24

25

26

 


Cetak   E-mail