LPKM STAI KERJASAMA DENGAN RUTAN BUNTOK LAKSANAKAN PESANTREN RAMADHAN

0.0actren5

Buntok –Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Buntok Ramadhan kembali menjadi mitra Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al- Ma’Arif Buntok dalam rangka melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan 1438 H/2017 M. Kegiatan yang direncanakan selama 25 hari ini terhitung sejak 3 – 27 Ramadhan 1438H/ 29 Mei s.d 22 Juni 2017. Kepala Rutan Buntok Mastur dalam pengantarnya mengucapkan terima kasih kepada pihak SKPM STAI Al-Ma’Arif yang telah memilih Rutan Kelas II B Buntok untuk melakukan kerjasama dalam hal pembinaan kerohanian berupa kegiatan Pesantren Ramadhan. Menurut Mastur kegiatan ini sesuai dengan Program yang dicanangkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah dengan Gerakan Cinta Ibadah. Kata Mastur, semoga dengan kegiatan Pesantren Ramadhan ini dapat menambah ilmu pengetahuan terutama dalam hal keagamaan bagi warga binaan Pemasyarakatan (WBP) serta dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Sehingga akan tercipta insan yang sabar dan tahan uji.

0.0actren

Ketua STAI Al-Ma’Arif Irawansyah membuka kegiatan ini secara resmi. Dalam sambutannya Irawansyah mengucapkan terima kasih atas rasa  antusias dari Kepala Rutan Buntok atas Program Tahunan LPKM STAI Al-Ma’Arif yaitu Pesantren Ramadhan. Harapannya semoga kerjasama ini terus berlanjut dan kerjasama tidak hanya disaat bulan Ramadhan saja akan tetapi pada bulan-bulan lainnya juga. Irawansyah juga mengatakan bahwa dirinya sudah merupakan bagian dari keluarga besar Rutan Buntok. menurutnya apabila ada WBP yang telah bebas dari Rutan Buntok diharapkannya sebelum pulang ke kampung diharapkan mampir dulu kerumah beliau dengan menunjukan Surat Bebas, maka dirinya akan membantu minimal ongkos jalan dan bekal dalam perjalanan. Diakhir sambutannya Irawannya berharap agar Kegiatan Pesantren Ramadhan 1438 H yang diikuti sebanyak 120 WBP ini berjalan aman dan lancar dan benar-benar membawa manfaat bagi kita semua.

0.0actren2   0.0actren1

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan dalam sambutannya yang dibacakan Kasi Bimas Islam Nutdin mengatakan bahwa kemenag mendukung penuh kegiatan yang diprakarsai oleh STAI Al-Ma’Arif dengan bekerjasama dengan Rutan Buntok. Menurut Nutdin, kalau nanti pada saat pelaksanaan kegiatan kalau masih dirasa kurang untuk tenaga penceramah, pihaknya telah menyediakan ustad/penceramah sebanyak 13 orang yang merupakan PNS Kemenag Kabupaten Barito Selatan dan 58 orang Ustad/penceramah umum non PNS. Diakhir sambutan Nutdin mengucapkan selamat belajar dan menuntut ilmu kepada seluruh WBP yang ikut pada kegiatan Pesantren Ramadhan ini semoga bisa membawa manfaat dan keberkahan bagi kita semua amin amin yaa rabbal alamin.

Terkait dengan pelaksanaan Kegiatan Pesantren Ramadhan di Rutan Kelas II B Buntok, Kepala Kantor Wilayah Agus Purwanto dalam menanggapi hal ini yang diwakili Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius M. Ayorbaba mengatakan bahwa Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan, oleh karena itu apa yang dilakukan Rutan Buntok merupakan kegiatan yang sangat positif terutama bagi WBP dan petugas. Selain itu juga kegiatan ini sesuai dengan Program Kepala Kantor Wilayah yakni Gerakan Cinta Ibadah yang intinya dari kegiatan ini merubah pola pikir manjadi lebih baik dan bisa membawa manfaat bagi lingkungan sekitar. Pada kesempatan ini juga Ayorbaba berpesan agar selalu menjaga keamanan lingkungan agar selalu aman dan kondusif. waspada terhadap hal kecil yang bisa mengakibatkan kegaduhan dan kejadian yang tidak kita inginkan. Mari ciptakan Rutan Buntok yang aman, bersih dan Cinta Ibadah. Create & Dok. Pirhan Humas Kalteng melaporkan.

Foto Dokumentasi :

0.0actren3

0.0actren4

0.0actren6

 

Cetak