KANTOR IMIGRASI SAMPIT LAKSANAKAN RAPAT OPERASI GABUNGAN PENGAWASAN KEIMIGRASIAN

wasim

Kasongan –Imigrasi mempunyai tugas dan fungsi utama yakni sebagai salah satu palang pintu penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peranan penting keimigrasian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai salah satu instansi yang menangani keluar masuknya warga negara baik itu warga pribumi asli Indonesia maupun warga negara asing. Berdasarkan tugas dan peran penting tersebut Kantor Imigrasi Kelas II Sampit bersama dengan instansi terkait seperti BIN, Kesbangpol, Disnaker, Polres dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Katingan melaksanakan Rapat Operasi Gabungan dalam rangka pengawasan Keimigrasian dihotel Marwah Kasongan Rabu (26/07).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Sampit Joko Surono dalam keterangannya mengatakan kegiatan rapat ini merupakan inisiatif dari Kantor Imigrasi Sampit dengan mengundang instansi terkait sebagai rencana untuk melakukan operasi gabungan terhadap perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing (TKA) yang ada dilingkup wilayah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan dilibatkannya beberapa instansi terkait tersebut agar dalam hal penanganan TKA yang bermasalah bisa lebih transfaran sehingga perusahaan yang mempergunakan TKA tersebut nantinya bisa bertanggung jawab terhadap pelanggaran atas kesalahan yang dilakukan. Selain itu juga seperti kita kietahui bersama bahwa daerah Kabupaten Katingan sangat luas terdiri dari daratan dan daerah aliran sungai sehingga bukan hal yang mudah bagi Imigrasi melakukan pengawasan orang asing sendirian tanpa melibatkan unsur dari berbagai pihak.

wasim1

Dalam rapat ini juga membahas tentang sinergitas tugas dan fungsi masing-masing, sehingga dalam penanganan akan lebih mudah dan prosesnya lebih cepat. Joko juga mengatakan kegiatan Rapat operasi gabungan pengawasan keimigrasian ini dilaksanakan selama 3 hari yakni dimulai sejak tanggal 26 sampai dengan 28 Juli 2017. Harapannya agar nantinya dalam pelaksanaan operasi dilapangan dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan apapun. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng).

wasim2


Cetak   E-mail