NUANSA NUSANTARA WARNAI PERINGATAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI KE 73 DILINGKUNGAN KANWIL KEMENKUMHAM KALTENG

zzzzzzwysiproklamasi2

Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng dengan Nuansa Pakaian Adat Khas Indonesia

Palangka Raya – Dirgahayu Bangsaku, Dirgahayu Negeri, Dirgahayu Tanah Air Ku Indonesia. Hari ini seluruh penjuru tanah air tercinta memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dimana seluruh kalangan masyarakat baik dari pihak pemerintah, swasta bahkan sampai kemasyarakat lapisan bawah pun tidak luput dengan kegembiraan atas nikmatnya anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hadiah kemerdekaan kepada bangsa kita Indonesia.

Tidak terkecuali bagi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah sendiri, kali ini Upacara Peringatan Hari Proklamasi Keerdekaan RI yang ke 73 untuk wilayah Kota Palangka Raya dipusatkan pelaksanaannya dihalaman Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palangka Raya. Pada upacara tersebut seluruh peserta upacara yang terdiri dari 9 (sembilan) Unit kerja yakni Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng, Lapas Palangka Raya, Lapas Perempuan Palangka Raya, LPKA Palangka Raya, Rutan Palangka Raya, Bapas Palangka Raya, RUPBASAN Palangka Raya, Kantor Imigrasi Palangka Raya dan LPKN Kasongan menggunakan pakaian adat daerah Indonesia yang menggambarkan ciri khas dari heterogenitas keberagaman bangsa Indonesia sendiri, Jum’at (17/08).

Tepat pukul 07.00 WIB upacara dimulai, dimana nuansa Nusantara memang ditampilkan kembali seperti tahun-tahun sebelumnya, karena selain melaksanakan instruksi dari Menteri Hukum dan HAM RI juga sebagai bentuk pemersatu ditengah permasalahan bangsa yang dihadapi seperti sekarang ini, ucap Yoseph Kakanwil Kemenkumham Kalteng yang menjadi Inspektur upacara.

zzzzzzwysiproklamasi

Tampak seluruh Peserta Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng melambangkan Kebhineka Tunggal Ika dimana Kakanwil Kemenkumham Kalteng bertindak sebagai Inspektur Upacara

Dalam amanat Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakannya mengatakan bahwa tema Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018 ini yaitu “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”. Indonesia yang terdiri dari 17 ribu pulau, 714 suku dan 1.100 bahasa daerah merupakan sebuah negara besar yang memiliki kemajemukan yang tidak dimiki oleh bangsa lainnya didunia ini. Oleh karena itu peran strategis bangsa harus kita dukung secara penuh didalam penataan perkembangan dunia dimasa mendatang, demi mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berkedaulat, adil dan makmur.

Sesuai dengan tema tersebut diharapkan akan membawa dampak kepada masyarakat Indonesia agar tercipta semangat dalam bekerja, bersama membangun negeri. Terlebih bagi seluruh Jajaran Kemenkumham diseluruh nusantara agar selalu menanamkan rasa empati terhadap sesama. Perjuangkan dan isilah kemerdekaan dengan kinerja yang baik. Jadikan momentum kemerdekaan ini dengan kinerja dan juga prestasi yang terus menerus sehingga nilai-nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transfaran dan Inovatif) akan selalu menjadi andalan untuk menjadikan kita kedalam bangsa kelas dunia.

Tugas dan peran strategis Kemenkumham dalam mengisi mengisi pembangunan di Republik ini tidaklah ringan, namun juga tidak akan menjadi “berat” jika kita laksanakan dan kerjakan dengan bergotong royong, bahu membahu dan bertanggung jawab. Mari kita tumbuhkan “Sense of Belonging” terhadap Indonesia, menjaga Kesaktian Pancasila, menjalankan UUD 1945 dan merawat Sinergitas dalam bingkai Kebhineka Tunggal Ika.

Mari bersama kita lanjutkan perjuangan ini dengan bekerja secara nyata, jujur dan menjunjung tinggi nilai Integritas dan Tata Nilai yang PASTI untuk kemajan bangsa sebagai bentuk penghargaan bagi para pejuang kemerdekaan, serta untuk mewariskan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Untuk itu Kemenkumham harus mampu menjadi pelopor bukan pengekor, bekerja giat tanpa menghujat, berkarya tanpa mencela dan berprestasi tiada henti, Kerja Kita Prestasi Bangsa.

Dirgahayu Bangsaku, Dirgahayu Negeriku, Dirgahayu Indonesia. Jayalah Bangsaku, Jayalah Negeriku, Jayalah Indonesia, Merdeka, Merdeka, Merdeka.

zzzzzzwysiproklamasi6

Kakanwil Kemenkumham Kalteng selaku Inspektur Upacara menyerahkan Penghargaan Satya Lencana Karya Satra 30, 20, 10 Tahun kepada Pegawai dilingkungan Kemenkumham Kalteng

Pada Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018 ini juga Kakanwil selaku Inspektur upacara juga menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada pegawain yang telah mengabdikan dirinya kepada Pemerintah, Bangsa dan Negara. Penghargaan Satya Lencana Karya Satya ini dikategorikan menjadi 3 golongan yakni penghargaan masa bhakti 30 Tahun, 20 Tahun dan 10 Tahun. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Agust 2018).

Foto Dokumentasi :

zzzzzzwysiproklamasi3

zzzzzzwysiproklamasi4

zzzzzzwysiproklamasi5

zzzzzzwysiproklamasi7

zzzzzzwysiproklamasi8

zzzzzzwysiproklamasi9

zzzzzzwysiproklamasi10

zzzzzzwysiproklamasi11

zzzzzzwysiproklamasi12

zzzzzzwysiproklamasi13


Cetak   E-mail