MOTIVASI PETUGAS, PLT. KAKANWIL KEMENKUMHAM KALTENG INGINKAN PETUGAS LAPAS BERINTEGRITAS DAN PROFESIONAL

zzzzzzyyzzwdlpltkakanwil7

Kunjungi Lapas Sampit, Plt. Kakanwil Kemenkumham Kalteng tinjau Blok Hunian, Dapur, Bengkel Kerja serta Beri Arahan dan Motivasi kepada Petugas Lapas

Sampit – Semenjak menjadi orang yang dipercaya memimpin Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Plt. Kakanwil (Budi) yang juga merupakan Inspektur Wilayah I pada Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI melakukan kunjungannya ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur Sampit yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sampit, Jum’at (12/10).

Tepat pada pukul 13.00 WIB, Plt. Kakanwil yang didampingi Kepala Bagian Program  dan Pelaporan (H. Mahrijuni) serta Humas Kantor Wilayah tiba di Lapas Sampit salah satu Lapas berpenghuni terbesar yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Di Lapas, Plt. Kakanwil didampingi para Pejabat Lapas meninjau keseluruh Blok yang ada hingga ke Dapur Lapas dan Bengkel Kerja Lapas. Pada saat di blok Plt. Kakanwil juga menyempatkan berdialog dengan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang intinya beliau memberikan semangat kepada para WBP agar tabah dan sabar menjalani masa pidana didalam Lapas.

Usai mengunjungi seluruh blok, Plt. Kakanwil menuju Aula Lapas Palangka Raya dimana disana sudah berkumpul seluruh petugas Lapas dalam rangka mendengarkan arahan dari orang nomor satu di Kemenkumham Kalteng ini.

zzzzzzyyzzwdlpltkakanwil4

Ditemani Pejabat Lapas, Plt. Kakanwil saat meninjau Blok WBP dan memberikan arahan terkait kebersihan blok kepada WBP Lapas Sampit

Kasi Binadik (Suhaimi) selaku Plh. Kalapas Sampit bersama Kasubag TU (Subarto) mengucapkan terima kasih kepada Plt. Kakanwil atas kedatangannya serta bersedia memberikan arahan serta motivasinya kepada petugas Lapas Sampit. Dalam salam pembukanya bahwa dikatakan saat ini Lapas Sampit dihuni sebanyak 575 orang WBP. keadaan Lapas aman dan kondusif, semua kebutuhan dan fasilitas umum seperti air bersih semua terpenuhi. Akan tetapi dulu sampai sekarang Lapas Sampit belum pernah mendapatkan rehabilitasi terhadap bangunan baik itu blok hunian maupun tembok pembatas dan tembok keliling  hal inilah yang menjadi kekhawatiran kami para petugas dalam melaksanakan kinerja.

Sementara dalam arahannya Plt. Kakanwil mengatakan bahwa akhir-akhir ini dunia Pemasyarakatan selalu  saja diterpa berbagai isu yang tentunya tidak mengenakan bagi kita semua. Seperti halnya yang terjadi di Lapas Sukamiskin, dan yang terjadi baru-baru ini di Pontianak dimana salah satu oknum petugas terlibat dalam peredaran narkoba.

Atas kejadian tersebut, diminta kita semua khususnya petugas yang berada di Lapas Sampit dan umumnya kepada seluruh petugas Lapas/Rutan Se-Kalimantan Tengah agar menjadi petugas yang berintegritas dan bertanggungjawab terhadap tugasnya. Profesionalisme dalam bertindak serta bekerja sesuai SOP yang ada agar dalam hal perbuatan maupun tindakan kita tidak salah langkah dan sesuai dengan aturan.

Kita tidak mau petugas kita ada yang terlibat dalam tindakan yang melanggar hukum. Maka dari itu dalam bekerja dengan tulus dan ikhlas,  integritas kita harus selau dipupuk dengan cara mencari teladan yang terbaik agar tidak pernah pudar.

zzzzzzyyzzwdlpltkakanwil5

Sel Tamping Pembantu, Dapur dan Bengkel Kerja tidak luput dari pantauan Plt. Kakanwil 

Petugas juga harus selalu waspada karena kita berhadapan dengan orang-orang yang dibatasi kebebasannya. Hal ini tentu akan adanya permintaan fasilitas-fasilitas dari beberapa WBP yang ingin mendapatkan itu. Oleh karena itu integritas dan profesinalisme petugas adalah hal utama untuk menghindari hal-hal yang bisa menggoda untuk bertindak salah.

Para senior harus mampu menjadi contoh yang baik bagi junior, terutama kalian para CPNS. Kalian adalah putra-putri pilihan terbaik dari sekian juta pelamar di Kemenkumham. Oleh karena itu syukurilah dan cintalah pekerjaan yang menjadi amanah untuk kalian.

Rajinlah membaca sesuatu hal yang baru dan tentu positif yang berkaitan dengan peningkatan kinerja, jangan mudah tergiur akan iming-iming sesuatu baik dari WBP maupun dari kalangan pembezuk. Sayangi pekerjaanmu dan sayangi keluarga, karena apabila terlibat maka hukuman dispilin pemecatan dan hukuman lainnya akan menunggu. Hal ini disampaikan karena selain dirinya menjadi Plt. Kakanwil Kemenkumham Kalteng, dirinya juga merupakan Inspektur Wilayah I yang merupakan salah satu ketua di Unit Pengendaliann Gratifikasi (UPG) dan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) baik di Kemenkumham RI maupun di Kanwil Kemenkumham Kalteng sendiri, ungkap Plt. Kakanwil Kemenkumham kalteng. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Okt. 2018).

zzzzzzyyzzwdlpltkakanwil6

Pengarahan Petugas Lapas dari Plt. Kakanwil Kemenkumham Kalteng


Cetak   E-mail