LAPAS RUTAN JAJARAN KANWIL KEMENKUMHAM KALTENG RUTIN GELAR YASINAN DAN TAHLILAN SETIAP MALAM JUM’AT

zzzzzzyyzzzzzyasinan

Lapas dan Rutan di Lingkungan Kanwl Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Rutin melaksanakan Yasinan dan Tahlilan setiap Malam Jum'at

Tambun Bungai – Salah satu pembinaan yang dilakukan pihak Lapas maupun Rutan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah adalah pembinaan mental spiritual keagamaan. Hal ini dimaksudkan agar para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjalani masa pidananya di didik untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa agar kedepannya mereka menjadi warga negara (masyarakat) yang baik dan tidak melanggar hukum lagi.

kegiatan keagamaan seperti pengajian dan ceramah agama biasanya dilaksanakan satu bulan sekali atau setengah bulan sekali dengan menghadirkan para Ustad dari Kementerian Agama setempat. Akan tetapi kalau kegiatan Yasinan kita laksanakan rutin seminggu sekali yakni pada malam Jum’at ungkap Mastur (Kepala Rutan Buntok) yang mewakili salah satu UPT Lapas/Rutan yang melaksanakannya.

Dijelaskanya, kegiatan Yasinan rutin ini digelar didalam Mesjid Rutan yang melibatkan seluruh WBP yang beragama Islam. Dimulai dengan Sholat Magrib berjama’ah kemudian dilanjutkan kegiatan Yasinan sekaligus tahlilan dan di tutup dengan Sholat Isya berjama’ah.

Menurutnya selain mempunyai manfaat dan pahala yang luar biasa, kegiatan yasinan serta tahlilan ini untuk mempererat tali silaturaahmi diantara sesama (baik WBP dan Petugas). Tentunya untuk membentuk karakter manusia agar menjadi mahluk yang takut kepada Tuhannya, takut akan berbuat salah dan mencintai dan mengasihi akan semua ciptaan-Nya.

Harapannya semoga dengan kegiatan Yasinan dan tahlilan ini bisa menciptakan suasana Lapas/Rutan yang aman, tentram dan harmonis, sehingga bisa mewujudkan Program Garakan Cinta Ibadah  yang pernah dicanangkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng Alm. Agus Purwanto saat beliau masih ada, ungkap Mastur. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Des 2018)


Cetak   E-mail