Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

zzzzzyyzzsbp14

Ketua Panitia Penyelenggara Amon Surono saat membacakan laporannya sementara kepala Kemenag Barito Utara Tuaini Ismail saam memberikan sambutannya pada kegiatan Penyebaran Informasi keimigrasian kepada Calon Jemaah Haji Kabupaten Barito Utara di Muara Teweh

Muara Teweh- Dalam rangka memberikan informasi tentang Keimigrasian bagi calon Jemaah Haji Tahun 2018 Kabupaten Barito Utara, Kantor imigrasi menyelenggarakan kegiatan penyebaran Informasi Keimigrasian di Muara Teweh, Rabu (25/04). Dengan menggandeng Kementerian Agama setempat, kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Barito Utara, menghadirkan 50 orang peserta jemaah haji tahun 2018 sebagai perwakilan dari 167 Jamaah Haji yang berangkat pada tahun 2018 ini, kata Amon Surono Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan sebagai langkah untuk memberikan informasi tentang layanan keimigrasian kepada masyarakat khususnya kepada calon jemaah haji Kabupaten Barito Utara baik yang berangkat pada Tahun 2018 ini maupun kepada calon jemaah haji yang berangkat untuk tahun 2019 mendatang. Amon juga menjelaskan bahwa langkah yang diambil oleh Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya adalah satu langkah kebijakan yang positif dan bijak, sebab apabila kita hanya diam ditempat tidaklah jelas memandang permasalahan yang terjadi, oleh karenanya kita turun kelapangan untuk melaksanakan kegiatan seperti ini.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya R. Hendiartono yang menjadi pembicara dalam kegiatan ini memaparkan tentang tatacara dan prosedur pembuatan paspor baik secara antrian online maupun manual. Dikatakannya, saat ini sistem Keimigrasian sudah banyak yang berbasis IT, artinya setiap layanan Keimigrasian yang ada sudah bisa dilakukan secara online. Hal ini karena kita dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik, cepat dan mudah kepada masyarakat. Akan tetapi kita juga tetap melayani secara manual, karena kita ketahui bersama masih banyak masyarakat yang kurang mengerti tentang IT apalagi kepada mereka yang sudah berumur dan tinggal di daerah perkampungan sehingga mereka kurang mengerti tentang sistem pelayanan online, ungkap Nono (panggilan akrab R.Hendiartono).

zzzzzyyzzsbp15

Kakanim Kelas I Palangka Raya R Hendiartono saat memberikan paparannya kepada calon jemaah haji Kabupaten Barito Utara tentang Tatacara dan Prosedur pembuatan Paspor 

Sementara Kepala Kantor kemenag Barito Utara Tuaini Ismail menyambut baik atas inisiatif kegiatan yang Kantor imigrasi Palangka Raya lakukan. Setidaknya dengan kegiatan seperti ini masyarakat di Kabupaten Barito Utara terutama bagi Calon Jemaah Haji tahun 2019 mendatang mengetahui tentang prosedur dan tata cara pembuatan paspor baik itu sistemnya secara manual maupun online. Sehingga segala persyaratan dalam pengurusan layanan Keimigrasian bisa dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum mendekati jadwal keberangkatan, hal ini karena selain untuk mempermudah pihak Kemenag mengkoordinirnya juga untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melengkapi data-data yang kurang/belum dimiliki, ucapnya. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Apr. 2018).