Persiapkan Lahan Tanam Jagung, Warga Binaan Lapas Sukamara Lakukan Pembersihan

WhatsApp_Image_2021-06-19_at_14.28.29.jpeg

Sukamara - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara melakukan pembersihan terhadap lahan yang terletak pada kawasan Agrowisata Gawi Barinjam Lapas Sukamara yang nantinya akan dijadikan sebagai wadah untuk menanam jagung. Pembersihan dilakukan mulai dari rumput liar yang tumbuh serta kayu-kayu yang masih tertanam pada lahan tersebut, Sabtu (19/06/2021).

Program Pembinaan Kemandirian bagi warga binaan Lapas Sukamara untuk saat ini banyak berfokus kepada bidang pertanian. Salah satu program kemandirian pada bidang pertanian yang secara terus-menerus diberikan kepada warga binaan yaitu dalam hal menanam jagung. Sebelum melakukan penanaman ada berbagai proses yang harus dilakukan terlebih dahulu, salah satunya yaitu melakukan penyiapan lahan.

Dengan hamparan lahan yang masih cukup luas pada kawasan Agrowisata Gawi Barinjam, Lapas Sukamara memanfaatkan itu sebagai wadah untuk dijadikan lahan tanam jagung nantinya. Rumput-rumput liar yang tumbuh dibersihkan serta kayu-kayu yang masih tertanam pada lahan tersebut dipindahkan agar lahan tersebut menjadi bersih dan siap untuk diolah dalam proses berikutnya.

"Hari ini kita berdayakan warga binaan untuk melakukan pembersihan lahan yang nantinya akan dijadikan sebagai lahan tanam jagung. Kita arahkan mereka untuk membersihkan rumput serta kayu-kayu yang masih ada pada lahan tersebut," tutur Zulkifli, Kepala Subseksi Pembinaan.

Zulkifli juga menambahkan bahwa hal seperti ini sebagai salah satu proses dari pembinaan yang diberikan kepada warga binaan. "Dalam program pembinaan kemandirian yang kita berikan khususnya pada bidang pertanian, setiap warga binaan kita arahkan untuk bisa melakukan setiap proses yang ada. Mulai dari membersihkan lahan, mengolah lahan tersebut supaya nanti siap untuk digunakan, sampai kepada penanaman dan proses panennya. Kita harapkan melalui ini mereka dapat benar-benar mengerti dari program pembinaan yang kita berikan," tutupnya. (Red-Dok, Kumham Kalteng, Juni 2021)

 

Foto Dokumentasi:
WhatsApp_Image_2021-06-19_at_14.28.27.jpegWhatsApp_Image_2021-06-19_at_14.28.28_1.jpegWhatsApp_Image_2021-06-19_at_14.28.28.jpeg


Cetak   E-mail