Waspadai DBD, Lapas Sukamara kembali Taburkan Bubuk Abate

Waspadai_DBD_Lapas_Sukamara_kembali_Taburkan_Bubuk_Abate1.jpeg

Sukamara -  Dalam rangka mengantisipasi penyakit Demam Berdarah selama musim penghujan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara melalui Petugas Kesehatan kembali melakukan penaburan bubuk Abate untuk mengantisipasi berkembangbiak nyamuk Aedes Aegypti yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah, Sabtu (18/09/2021).

Petugas melakukan penyisiran setiap saluran air pada area blok hunian yang disinyalir dapat menjadi tempat bagi telur nyamuk atau jentik-jentik berkembangbiak. Kegiatan pengecekan dan pembersihan yang dilakukan secara berkelanjutan ini mengantisipasi agar tidak adanya Warga Binaan terserang penyakit demam berdarah yang dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan mereka.

Dwi Cahya salah satu Petugas Kesehatan yang melakukan penaburan bubuk Abate mengatakan bahwa ini merupakan langkah pencegahan. "Kegiatan ini merupakan bentuk pencegahan terhadap berkembangnya nyamuk demam berdarah pada area lingkungan Lapas Sukamara, khususnya dalam blok hunian Warga Binaan. Penaburan bubuk Abate pada saluran air yang kami lakukan ini bertujuan untuk membunuh telur nyamuk atau jentik-jentik," ungkapnya.

Petugas juga melakukan pengecekan terhadap bak air di masing-masing kamar hunian, sosialisasi juga diberikan Petugas Kesehatan kepada Warga Binaan untuk rajin menguras bak mandi minimal satu kali dalam seminggu, agar  tidak ada tempat bagi jentik-jentik berkembangbiak.

"Kami juga menghimbau kepada seluruh Warga Binaan agar bersama sama menjaga kebersihan air di bak mandi yang digunakan agar tidak menjadi tempat nyamuk untuk berkembang biak yang bisa menjadi sumber sarang penyakit," pungkas Dwi cahya. (Red-dok, Humas UPT Kalteng, Sept 2021)

Foto Dokumentasi :

Waspadai_DBD_Lapas_Sukamara_kembali_Taburkan_Bubuk_Abate3.jpegWaspadai_DBD_Lapas_Sukamara_kembali_Taburkan_Bubuk_Abate2.jpegWaspadai_DBD_Lapas_Sukamara_kembali_Taburkan_Bubuk_Abate4.jpeg

 

Cetak