EVALUASI LAPANGAN, KANWIL KALTENG DAN LAPAS MUARA TEWEH GANDENG DINAS PU BARITO UTARA

Evaluasi_mute_1.jpg

Muara Teweh - Kejadian robohnya tembok di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Teweh akibat hujan deras yang melanda kota Muara Teweh beberapa waktu yang lalu mendapat perhatian khusus dari Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah Hendra Ekaputra. Sesuai dengan kunci menuju pemasyarakatan yang maju yaitu 3+1 back to basics maka sebagai langkah deteksi dini untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban, Kakanwil memerintahkan tim dari Kantor Wilayah melalui Sub Bagian Program dan Pelaporan yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Program dan Humas (Diana Soekowati) dan Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan (Hendra) untuk meninjau lokasi dan segera membuat usulan renovasi tembok keliling di Lapas Kelas IIB Muara Teweh.

Senin, 8 Agustus 2022 tim dari Kanwil bertemu langsung dengan Kepala Lapas Kelas IIB Muara Teweh (Huzaifah Makmur Hidayah) bersama dengan jajarannya serta Dinas PUPR kabupaten Barito Utara untuk berdiskusi dan melakukan peninjauan langsung ke lapangan. Setelah kegiatan diskusi bersama antara Lapas Muara Teweh, tim dari Kanwil dan Dinas PUPR maka tim secara bersamasama melakukan peninjauan, evaluasi lapangan yang diakhiri dengan pengukuran tembok keliling yang harus di renovasi. Di lapangan ditemui bahwa kondisi tembok Lapas Muara Teweh yang sudah berumur 37 tahun ini memang sudah tergerus usia. Terdapat retakan-retakan yang cukup besar disana sini yang tentunya berbahaya mengingat kondisi alam dan cuaca yang cukup ekstrem di wilayah Muara Teweh.

Hidayah selaku Kalapas Muara Teweh mengatakan bahwa tembok harus segera direnovasi mengingat tembok ini merupakan prasarana yang sangat vital bagi keamanan Lapas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Hal ini diperkuat oleh analisis teknis yang dilakukan dari Dinas PUPR Barito Utara dan tinjauan langsung ke lapangan (Roy dan tim). Melalui kegiatan peninjauan serta penilaian bersama yang dilakukan oleh Lapas Muara Teweh, tim dari Kanwil serta Dinas PUPR, pihak Lapas Kelas III Muara Teweh sangat berharap agar usulan renovasi yang nantinya akan diajukan ke tingkat pusat nantinya dapat direspon oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan selaku Eselon I. (Red-Dok, Humas Kumham Kalteng - WTE, Agustus 2022)

Foto Dokumentasi:
Evaluasi_mute_2.jpgEvaluasi_mute_3.jpg

Cetak