Optimalisasikan Penggunaan Anggaran, Kumham Kalteng Terima Evaluasi dan Pengarahan Oleh Kepala Biro Keuangan Kemenkumham RI  

Optimalisasikan_Penggunaan_Anggaran_Kumham_Kalteng_Terima_Evaluasi_dan_Pengarahan_Oleh_Kepala_Biro_Keuangan_Kemenkumham_RI1.jpg

Palangka Raya - Dalam Rangkaian Kegiatan Penguatan Ketatalaksanaan, Kelembagaan dan Reformasi Birokrasi serta Pendampingan LKjIP dan Evaluasi IKPA TA 2022 yang berlangsung pada Hari ke-2 (dua) ini di ikuti juga pengarahan Kepala Biro Keuangan Kemenkumham RI (Wisnu Nugroho Dewanto), Kamis (15 Sept 2022).

Pengarahan Karo Keu tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Hendra Ekaputra), Kepala Divisi Administrasi (Nur Azizah Rahmanawati), Kabag Program dan Humas (Diana Soekowati) serta seluruh Kepala UPT Se-Kalimantan Tengah. Masuk inti acara, di kesempatan pertama, Kepala Biro Keuangan menyampaikan berita baik tentang capaian laporan keuangan Kemenkumham. Bahwa Kementerian ini telah berhasil mendapatkan predikat WTP untuk 13 kalinya. Dan tahun ini hanya kalah dari Kementerian Keuangan.

Wisnu juga memberikan atensi khusus terhadap realisasi anggaran dan pelaksanaan IKPA Kanwil Kemenkumham Kalteng. Dia berharap di akhir tahun target serapan anggaran bisa melampaui angka 95%.

Perhatian berikutnya, Karo Keuangan membahas mengenai banyaknya temuan hasil pemeriksaan BPK yang seharusnya tidak terjadi lagi. "Hasil evaluasi BPK, adanya temuan berulang. Kami melihat kok bisa terjadi hal-hal yang sama dan terus berulang-ulang," ujarnya menerangkan.

"Di tahun 2023 hal seperti ini jangan sampai terjadi lagi, terutama terkait dengan belanja modal," sambungnya. Menurutnya Wisnu, hal itu banyak disebabkan karena terjadinya penumpukan pelaksanaan anggaran di akhir tahun yang berimplikasi pada banyaknya kesalahan karena pekerjaan yang terburu-buru.

Pada Akhir pengarahannya juga diminta Kantor Wilayah Kalimantan Tengah sebagai Pembina untuk selalu memonitor satker dibawahnya, Terus melakukan Inovasi-inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui layanan online.

Menyikapi arahan tersebut Kakanwil (Hendra Ekaputra) mengatakan Siap dan Komitmen untuk selalu mendorong jajaran dalam melaksanakan pengoptimalisasian anggaran.  (Red-dok, Holik, Sept 2022)

Foto Dokumentasi :

Optimalisasikan_Penggunaan_Anggaran_Kumham_Kalteng_Terima_Evaluasi2.jpg

Optimalisasikan_Penggunaan_Anggaran_Kumham_Kalteng_Terima_Evaluasi3.jpg

 

Cetak