Sosialisasi Pedoman Kehumasan : Upgrade Skill and Knowledge ASN Kanwil Kemenkumham Kalteng melalui Platform "Humanis"

Sosialisasi_Pedoman_Kehumasan_Upgrade_Skill_and_Knowledge_ASN_Kanwil_Kemenkumham1.jpg

Palangka Raya - Dalam rangka meningkatkan Kapabilitas SDM dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah khususnya di Bidang Kehumasan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng melaksanakan Sosialisasi Pedoman Kehumasan bertempat di Aula Mentaya Lantai II Kantor Wilayah serta Peningkatan Strategi Menjadi Humas oleh Narasumber eksternal, Selasa (22/11/2022).

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Bagian Program dan Humas, Diana Soekowati selaku Ketua Panitia Pelaksana, Kepala Bagian Umum serta pejabat Administrator di masing-masing Divisi, Pejabat Pengawas, perwakilan Kepala UPT Se-Kota Palangka Raya dan seluruh Kontributor Humas yg terhubung secara luring dan daring. Pada sambutannya Kepala Divisi Administrasi, Nur Azzizah Rahmawati mewakili Kakanwil Kemenkunham Kalteng dalam membuka kegiatan mengatakan bahwa Kanwil Kemenkumham Kalteng terus mendorong kemajuan instansi dan pelayanan dengan berbagai inovasi layanan publik. Bentuk inovasi peningkatan pelayanan informasi dan kapabilitas SDM adalah dengan cara menyusun suatu pedoman umum yang memuat standarisasi yang mampu menjawab tuntutan reformasi yaitu "Humanis". Diharapkan pedoman humanis dapat menjadi acuan serta referensi untuk meningkatan kapabilitas SDM agar lebih terukur dan terarah.

"Sosialisasi ini juga Diharapkan mampu mendorong para pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsi sehingga optimal menjadikan instansi kemenkumham dapat dipercaya di masyarakat" Ujar Azizzah.

"Perlu diingat juga sosialisasi humanis bukan hanya upaya untuk membentuk mekanisme humas secara administratif saja, namun sebagai pedoman bagi para pemangku kehumasan dalam  menjadikan humas sebagai wadah dan corong organisasi" Tambahnya.

Mengakhiri sambutan Azizzah berharap seluruh peserta dapat memanfaatkan penyampaian materi dan ilmu dengan sebaik mungkin, serta aktif dalam hal keingintahuan di era kehumasaan. Saat ini.

Dalam rangkaian kegiatan , Juga dijelaskan teknis menggunakan paltform pembelajaran for smart asn yaitu "Humanis" oleh I Gede Lanang Ari Praditha (Pranata Komputer Ahli Pertama) dengan cara meng-klik : bit.ly/KaltengHUMANIS atau dengan Scan Barcode.

Fitur humanis adalah Program pembelajaran secara online diperuntukkan untuk para pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng melalui sistem belajar mandiri. Para pegawai dapat mengunduh materi pembelajaran (berbagai tema) yang telah diunggah pada fitur humanis yang terdapat di dalam website Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Masuk Ke dalam acara inti, Penyampaian Materi oleh Juwita Anggun Maharani, Direktur PT Abirama Maharani Persada dengan memberikan ilmu tentang "Strategi Peningkatan Pelayanan Informasi & Kehumasan Kementerian Hukum Dan HAM Kanwil Kalimantan Tengan ".

Disampaikan bahwa seorang Humas harus bisa memiliki beragam fungsi diantaranya : Attitude yang Positif, Kemampuan Komunikasi yang baik, Kemampuan membina Relasi dan Kemampuan menulis. Fungsi tersebut harus dimiliki oleh seorang Humas dari Belajar, Belajar kepada yang dirasa dan diyakini sebagai seorang yang kompeten.

Didalam menyampaikan materinya, Juwita mengajak seluruh peserta untuk merenung, bernyanyi dan membayangkan hal positif serta meyakinkan seluruh peserta bahwa setiap orang pasti bisa menjadi apa yang diharapkan. Disampaikan dengan sangat rapi dan tidak terlalu formal kegiatan sosialisasi pedoman kehumasan berjalan dengan lancar dan baik. (Red-dok, Humas Kanwil Kalteng, Nov 2022)

Foto Dokumentasi :

Sosialisasi_Pedoman_Kehumasan_Upgrade_Skill_and_Knowledge_ASN_Kanwil_Kemenkumham3.jpg

Sosialisasi_Pedoman_Kehumasan_Upgrade_Skill_and_Knowledge_ASN_Kanwil_Kemenkumham2.jpg

Sosialisasi_Pedoman_Kehumasan_Upgrade_Skill_and_Knowledge_ASN_Kanwil_Kemenkumham5.jpg

Sosialisasi_Pedoman_Kehumasan_Upgrade_Skill_and_Knowledge_ASN_Kanwil_Kemenkumham4.jpg

Sosialisasi_Pedoman_Kehumasan_Upgrade_Skill_and_Knowledge_ASN_Kanwil_Kemenkumham6.jpg

Sosialisasi_Pedoman_Kehumasan_Upgrade_Skill_and_Knowledge_ASN_Kanwil_Kemenkumham7.jpg

Cetak