KEMENKUMHAM KALTENG IKUT PECAHKAN REKOR MURI LAYANAN KUNJUNGAN WBP “SEHARI BERSAMA MEREKA”.

0.kunjungan wbp4

Palangka Raya (9/10) Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Dharma Karyadhika Tahun 2016, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Program yang diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melaksanakan kegiatan Layanan Kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan secara serentak di Lapas dan Rutan diseluruh wilayah nusantara dengan mengangkat Tema “ Sehari bersama Mereka”. Kegiatan yang untuk pertama kalinya ini dan telah memecahkan Rekor Indonesia dan Dunia dari Museum Rekor Indonesia. Ketua Panitia Penyelenggara Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI dalam sambutannya yang ditayangkan langsung secara Videoconference mengatakan bahwa Layanan kunjungan WBP secara serentak merupakan elemen penting dari pembinaan WBP karena merupakan bagian yang untuk orientasi ke masyarakat umum. Peran serta keluarga dan masyarakat sangatlah penting untuk memotivasi WBP itu sendiri untuk menjadi lebih baik. Kegiatan Layanan Kunjungan WBP ini  diisi  pembekalan Revolusi Mental tentang Wawasan Kebangsaan yang sebagai narasumbernya berasal dari Unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI).

 0.kunjungan wbp8

Sementara itu Menteri Hukum dan HAM RI dalam sambutannya mengatakan bahwa Tema Kegiatan Hari Dharma Karyadhika yakni Pelayanan dan Penegakan Hukum PASTI Nyata. Hal ini dimaknai dengan kegiatan yang inovatif yang special dari kunjungan adalah cinta tanah air, bangsa dan negara. Dengan semangat berintegritas sosial walaupun dihari yang seharusnya istirahat namun dilaksanakan kunjungan secara serentak yang dihadiri oleh petugas, keluarga WBP dan undangan. Walaupun tempat terbatas tapi kreatifitas tidak boleh terbatas, manfaatkanlah kesempatan berkumpul di Lapas dan Rutan untuk memperbaiki dan penobatan diri agar nanti kembali kemasyarakat menjadi insan yang lebih baik dan taat hukum. Filosofi Pemasyarakatan tidak pada konsep penjeraan, akan tetapi pada konsep reintegrasi sosial dan memandirikan mereka. Janganlah memandang sebelah mata kepada WBP karena mereka selain punya manfaat juga punya potensi dan empati untuk membantu sesama.

0.kunjungan wbp14

Plh. Kepala Kantor Wilayah Imam Jauhari mengatakan bahwa untuk Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah yang melaksanakan Kunjungan Warga Binaan secara Serentak ada 9 (sembilan) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Yakni Lapas Klas II A Palangka Raya, Lapas Klas II B Sampit, Lapas Klas II B Pangkalan Bun, Lapas Klas II B Muara Teweh, Lapas Khusus Narkotika Klas III Kasongan, Rutan Klas II A Palangka Raya, Rutan Klas II B Kuala Kapuas, Rutan Klas II B Buntok dan Rutan Klas II B Tamiang Layang. Kegiatan ini dipantau langsung oleh Tim dari Pusat dimana untuk Provinsi Kalimantan Tengah tim pegawas diketuai oleh Inspektur Wilayah II Nugroho.

 0.kunjungan wbp1

Dalam kegiatan tersebut, rasa kebersamaan serta kekeluargaan serta keceriaan terpancar dari pihak Warga Binaan Pemasyarakatan maupun pihak Keluarga WBP yang hadir membezuk pada hari itu, hal ini merupakan suatu ide atau gagasan yang baik dari Kementerian Hukum dan HAM (menurut salah satu pembezuk di Rutan Klas II B Palangka Raya yang tidak mau disebutkan namanya) karena kegiatan dilaksanakan  secara serentak diseluruh Indonesia dan dilaksanakan pada hari Minggu yang merupakan hari libur kerja pegawai dan Kunjungan bagi WBP sendiri. diakhir komentarnya yang bersangkutan mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang telah memberikan waktu bezuk kepada pihak keluarga WBP untuk menjenguk keluarganya yang merupakan WBP. Create : Pirhan & Arinnandi, Humas Kalteng.

Foto Kegiatan :

0.kunjungan wbp2

0.kunjungan wbp3

0.kunjungan wbp5

0.kunjungan wbp6

0.kunjungan wbp9

0.kunjungan wbp10

0.kunjungan wbp10 4

0.kunjungan wbp11

0.kunjungan wbp12

0.kunjungan wbp13

0.kunjungan wbp15

 

0.kunjungan wbp

 

kunjungan wbp 24

kunjungan wbp17

 

kunjungan wbp 19

 

kunjungan wbp16

 

kunjungan wbp 22

kunjungan wbp 21

kunjungan wbp 18

 

kunjungan wbp 20

 

kunjungan wbp 23

 

 

 


Cetak   E-mail