SOSIALISASI PENANGGULANGAN TUBERCULOSIS (TB) DI LAPAS, RUTAN DAN BAPAS SE-KALIMANTAN TENGAH

0.tbc

Palangka Raya, 27 Maret 2014

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Tubercolosis (TB) di Hotel Luwansa Palangka Raya. Kegiatan sosialisasi ini ditujukan kepada Lapas, Rutan dan Bapas di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. Kepala Kantor Wilayah Haviluddin membuka kegiatan Sosialisasi ini secara resmi. Dalam sambutannya Haviluddin mengatakan bahwa penyakit tubercolosis merupakan salah satu penyakit menular yang sangat berbahaya yang pengobatannya tidak singkat tapi berlangsung lama, berbulan-bulan bahkan sampai setahun.

0.tbc4

Menurut Haviluddin sesuai dengan Porgram Nasional Pemerintah dibidang pengendalian penyakit Tubercolosis dan HIV AIDS diseluruh masyarakat termasuk maysayakat yang sementara menjalani pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara maka perlu diadakan kegiatan sosialisasi penanggulangan penyakit Tubercolosis ini sehingga kedepan pelaksanaan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-Course) dengan fokus utama penemuan dan penyembuhan dan kaloborasi TB-HIV dilaksanakan di Lapas/Rutan melalui kerjasama yang terintegrasi dengan sistem kesehatan yang berada diluar Lapas/Rutan. Untuk itu para Kepala Lapas/Rutan Sekalimantan Tengah agar dapat menitik beratkan pada WBP yang menderita penyakit tersebut dan selalu bekerjasama dengan Dinas kesehatan setempat, karena tahanan/narapidana ataupun anak didik adalah anggota masyarakat yangmempunyai hak sama dengan anggota masyarakata lainnya untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal.

0.tbc3

Pada Kesempatan ini pula Kepala Kantor Wilayah bersama Kepala Dinas Kesehata Provinsi Kalimantan Tengah melakukan Penandatanganan MoU Nota Kesepahaman Nomor : W17.HM.03.02-0671 Tahun 2014 dan Nomor : 472/PMK-I/III/2014 tanggal 27 Maret 2014 tentang Penanggulangan TB di Lapas, Rutan dan Bapas Se-Kalimantan Tengah yang disaksikan oleh Para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Unsur Pimpinan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Create : Pirhan Humas Kanwil.

Foto Kegiatan :

0.tbc2

0.tbc1

0.tbc5

 


Cetak   E-mail