BERI ARAHAN RUTAN KLAS II A PALANGKA RAYA KAKANWIL DAN KADIV PAS SARANKAN HATI-HATI

0.artn.plk5

Palangka Raya (07/02) Kepala Kantor Wilayah Agus Purwanto dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius M. Ayorbaba untuk pertama kalinya menginjakan kaki berkunjung ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II A Palangka Raya semenjak bertugas pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah.  Kedatangan Agus dan Anthon ke Rutan Palangka Raya dalam rangka memberikan pencerahan kepada seluruh Pegawai kecuali petugas di penjagaan dan pelayanan. Diawal pertemuan yang dihadiri 30 (tiga puluh) pegawai, Kepala Rutan Palangka Raya Tunggul Buono, menjelaskan profil tentang sejarah singkat serta keberadaan mengenai pelaksaan tugas pada Rutan Palangka Raya. Tunggul juga mengatakan bahwa saat ini Rutan Palangka Raya dihuni 481 WBP dengan rincian napi 313 orang dan tahanan sebanyak 168 orang. Sedangkan untuk yang terlibat kasus korupsi yakni 43 orang dan Kasus narkoba sebanyak 203 orang, sisa 235 tindak kriminal lainnya. Untuk personil total 50 orang petugas. Dengan rincian satuan pengamanan Rutan 27 petugas, Sub Seksi Pelayanan Tahanan 8 petugas, Sub Seksi Pengelolaan 8 petugas, Sub Seksi Bimbingan Kegiatan 6 petugas dan 1 Kepala Rutan.

0.artn.plk1

Kepala Kantor Wilayah Agus Purwanto dalam arahannya mengajak agar kita lebih memahami tugas dan fungsi sebagai aparatur penegak hukum. Banggalah terhadap tugas mulia yang diberikan karena disini kita membina orang yang mempunyai permasalahan hukum menjadi warga yang lebih baik , baik itu nantinya saat kembali di keluarga maupun dimasyarakat. Jadilah petugas yang menjunjung tinggi kehormatan Korp. Tugas memang tidak mudah, banyak problematika yang akan muncul oleh karena itu dengan merasa bangga terhadap tugas dan rasa cinta terhadap Korp, maka segala tugas akan terasa lebih ringan. Dikesempatan yang baik ini pula, Agus menyarankan dalam setiap pertemuannya kepada seluruh Insan Pengayoman di Lingkungan Kantor Wilayah untuk selalu melaksanakan 3 (tiga) tertib yakni tertib administrasi, tertib manajemen dan tertib kepemimpinan. Mulailah memberi contoh yang baik mulai dari diri sendiri, keluarga serta dalam tugas sehingga kita bisa menjadi pengayom yang baik bagi masyarakat.

0.artn.plk6

Pada kesempatan ini pula Agus menyampaikan Instruksi Menteri Hukum dan HAM RI agar seluruh UPT Pemasyarakatan untuk lebih hati-hati terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang kena kasus tipikor dan narkoba. Jangan sampai yang terjadi di Lapas Sukamiskin terjadi di Lapas/Rutan yang ada di Kalimantan Tengah. Sanksi sudah tegas dan jelas yaitu akan dikenakan hukuman disiplin secara berjenjang dan 2 (dua) tingkat diatasnya. Tidak ada toleransi bagi pelaku pungli dan narkoba akan ditindak tegas dan dipidanakan. Sebagai bahan instropeksi kinerja tingkatkanlah kehati-hatian dan proteksi diri sendiri agar tidak menimbulkan kesulitan sendiri. Tolong-menolonglah terhadap kebaikan dan tingkatkan kerjasama.  

Dikesempatan yang baik ini pula Agus memberikan 10 dari 100 tips menjadi sukses menurut Thomas Stenley dimana berdasarkan urutannya IQ tinggi bukan jaminan dan hanya menempati urutan 21 , Sekolah Favorit menempati urutan 23, lulusan terbaik menempati urutan ke 30. Adapun 10 urutan yang bisa membawa kita menjadi orang sukses yakni 1. Jujur, 2. Disiplin dalam semua hal, 3. Gaul dan disukai banyak orang, 4. Dukungan dari pasangan hidup, 5. Bekerja lebih keras dari yang lain, 6. Mencintai apa yang dikerjakan, 7. Kepemimpinan yang baik dan kuat, 8. Semangat dan berkepribadian yang kompetitif, 9. Pengelolaan kehidupan yang baik dan 10 Kemampuan menjual produk, melakukan kreasi dan inovasi.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius dalam arahannya mengatakan bahwa masalah SKP, Pencapaian Target Kinerja serta Sinergitas merupakan suatu hal yang utama dalam melaksanakan tugas. Disamping itu pula Anthon mengatakan bahwa rensta Direktorat  Jenderal  Pemasyaraktan menekankan 3 layanan utama yang harus dilaksanakan yakni 1. Layanan informasi dimana salah satunya yaitu layanan atau pendekatan terhadap warga binaan pemasyarakatan dan tpendekatan terhadap keluarganya. 2. Layanan kunjungan. Dalam hal ini kita dituntut untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat 3. Layanan  Pengaduan masyarakat. Create & Dok : Pirhan Humas Kalteng.

Foto Dokumentasi :

0.artn.plk

0.artn.plk2

0.artn.plk3

0.artn.plk4

0.artn.plk7

 


Cetak   E-mail