LUAR BIASA, GUBERNUR KALIMANTAN TENGAH TERNYATA PEDULI TERHADAP PEMBINAAN KEPADA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN.

zzzzzyyzzwowgub2

Palangka Raya- Kunjungan rombongan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah ke Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran di Istana Isen Mulang pada Selasa (08/05) dalam rangka silaturrami sekaligus memperkenalkan diri atas jabatan baru menjadi Kakanwil Kemenkumham Kalteng terasa sangat spesial bagi Yoseph Kakanwil Kemenkumham Kalteng beserta pada Pejabat Tinggi Pratama yang ikut dalam rombongan tersebut. Hal ini karena Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila Kalimantan Tengah peduli terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan menyerahkan uang tunai sebesar Rp. 25.000.000 sebagai bentuk dukungannya terhadap kegiatan pembinaan kepada mereka. Uang tersebut langsung diserahkan Gubernur dan diterima langsung oleh Kakanwil yang kala itu disaksikan juga oleh Fahrizal Fitri Sekda Provinsi Kalteng dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah.

Kakanwil Kemenkumham Kalteng secara khusus mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Menurutnya, selama ini ternyata Gubernur perduli terhadap pembinaan yang kita lakukan terhadap WBP yang ada di Lapas/Rutan. Dikatakannya, tugas kita memang sangatlah berat yakni membina bagi warga yang tersesat menjadi warga yang lebih baik dan berhasil guna serta menciptakan karya. Atas tugas mulia tersebut kita selalu semangat dalam memberikan pembinaan kepada WBP kita agar nantinya apabila selesai menjalani masa pidananya didalam Lapas/Rutan menjadi masyarakat yang baik terlebih bisa lebih produktif dan bisa membuka lapangan usaha baru atas hasil ilmu yang didapatkan selama menjalani masa pidana.

Baru-baru ini, 4 WBP kita telah mengharumkan nama daerah Provinsi Kalimantan Tengah atas prestasi mereka saat mengikuti kegiatan Pameran Hasil Prodduk Unggulan Narapidana Se-Indonesia di Kementerian Perindustrian di Jakarta pada awal April 2018 yang lalu. Dikatakannya, Produk Kerajinan Getah Nyatu telah meraih juara pertama pada ajang lomba produk souvenir hotel yang diselenggarakan oleh Manajemen Hotel Accord Indonesia. Danpihak Manajeman Sarinah Plaza juga mengundang kita untuk hadir pada acara yang mereka laksanakan pada bulan Juli mendatang.

Dijelaskannya, maksud kedatangannya beserta rombongan dari Kantor Wilayah menghadap Gubernur selain untuk melakukan silaturrami sekaligus mau menyerahkan lukisan Gubernur beserta Ibu yang dilukis ulang oleh Wisnu WBP Lapas Pangkalan Bun dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan lukisan yang dibeli Gubernur pada Pameran hasil karya Kalteng bulan Februari lalu. Dikatakannya dalam waktu yang tidak lama lagi Wisnu sang pelukis ulung akan bebas dan telah menjalani masa hukumannya.

zzzzzyyzzwowgub4

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran juga mengucapkan terima kasih atas kinerja baik yang telah dilakukan. Menurutnya pembinaan yang diberikan merupakan salah satu langkah untuk mereka agar tidak kembali mengulangi perbuatan melanggar hukum apabila nanti mereka bebas. Kreatifitas yang bermanfaat seperti ini tentunya bisa menjadi sumber ekonomi bagi mereka yang kedepan dan hal ini perlu untuk terus dikembangkan agar menjadi komoditi ekonomi kreatif kecil seperti yang dicanangkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo- Juyuf Kalla.

Uang pembinaan yang diberikan sebagai satu upaya untuk memberi semangat kepada mereka agar tetap terus berkarya dan berhasil guna terlebih lagi bisa membanggakan dan mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

Gubernur juga meminta agar nantinya diberikan informasi tentang pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan oleh Manajemen Sarinah Plaza. Selain itu untuk mendukung kreatifitas para eks WBP dirinya berjanji akan membuatkan suatu wadah berupa galeri sebagai tempat penyaluran bakat dan kreatifitas terutama bagi Wisnu yang sebentar lagi bebas, dan bagi eks WBP yang punya keahlian lainnya. Gubernur juga berjanji bahwa dirinyalah yang nantinya akan hadir pada upacara pemberian remisi 17 Agustus mendatang di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palangka Raya. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Mei. 2018).


Cetak   E-mail