Plt. Kakanwil Kalteng Kunjungi Tiga UPT Sekaligus di Palangkaraya

WhatsApp Image 2019-07-11 at 15.35.19 (5).jpeg

Petugas Lapas menyambut kedatangan Plt. Kepala Kantor Wilayah (Bambang Iriana)

Palangka Raya (11/07/19) - Dalam rangka penguatan tugas dan fungsi pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Tengah Plt. Kepala Kantor Wilayah (Bambang Iriana) didampingi Kepala Divisi Administrasi (Sucipto) mengunjungi 3 UPT yang ada di Palangka Raya.

UPT pertama yang dikunjungi adalah Lapas Kelas IIA Palangka Raya, kedatangan Plt. Kepala Kantor Wilayah beserta rombongan disambut baik oleh Kepala Lapas Kelas IIA Palangka Raya (Syarif Hidayat). Sebelum berkeliling mengunjungi blok warga binaan, Bambang Iriana didampingi Sucipto dan Syarif melakukan Sholat berjamaah bersama warga binaan dan pegawai Lapas yang beragama muslim. Beliau terkesan melihat sandal yang berjajar rapih setelah sholat selesai dilaksanakan. “kebiasaan ini adalah hal yang baik dan harus terus dijaga,” ucap Bambang. Setelah melakukan ibadah Sholat Dzuhur, Plt. Kakanwil berkeliling masuk ke dalam blok warga binaan dan berinteraksi dengan para warga binaan serta di ruangan kerja pegawai maupun pejabat. Menurutnya, keadaan di Lapas Palangka Raya sudah baik dan bersih, dan harus terus ditingkatkan serta ada beberapa bagian yang langsung dibenahi pada saat kunjungan tersebut.

Plt Kakanwil yang menjabat juga sebagai Direktur Kerja Sama HAM pada kesempatan itu memberikan pengarahan dan penguatan kepada pegawai di Lapas Kelas IIA Palangka Raya. Beliau berpesan kepada seluruh pegawai Lapas Palangka Raya untuk melaksanakan tugas sesuai dengan SOP yang ada, penuh integritas, bekerja dengan profesional dan ketulusan, serta terus berupaya untuk menjaga nama baik, tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak citra institusi. Kemudian dalam penegakan hukum harus memperhatikan perlindungan HAM bagi Tahanan dan Napi.

Kunjungan hari itu dilanjutkan menuju ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas IIA Palangka Raya. Selama kujungan di LPKA, Plt Kakanwil beserta rombongan didampingi Kepala LPKA (Mubasirudin) Palangka Raya meninjau ruang pelayanandan blok tahanan. Bambang Iriana sangat terkesan dengan bangunan LPKA Palangka Raya. "infrastruktur bangunan disini sudah sangat bagus, namun masih sangat kurang untuk fasilitas seperti kasur untuk tidur masih menggunakan matras" ujarnya. Bambang juga menanyakan kepada beberapa warga binaan kasus apa saja yang membuat mereka masuk ke dalam LPKA, dan Bambang juga mengharapkan kepada para warga binaan untuk terus melanjutkan pendidikan, mengingat mereka masih di bawah umur dan perjalanan mereka masih panjang. Sebelum meninggalkan LPKA Palangka Raya, Bambang Iriana juga memberikan motivasi kepada para pegawai untuk tetap semangat dan tingkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas.

Unit Pelaksana Teknis selanjutnya  yang dikunjungi adalah Rupbasan Kelas I Palangka Raya, Bambang beserta rombongan meninjau fasilitas yang ada dan di dampingi Kepala Rupbasan Kelas I Palangka Raya (Mohamad Rizal Fuadi). Bambang Iriana berpesan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan ketertiban dalam administrasi kantor agar ke depan Rupbasan Kelas I Palangka Raya semakin baik. Rizal juga menyampaikan dengan anggaran yang terbatas dan barang sitaan yang semakin banyak agar dapat diatur dengan baik, supaya tidak terjadi over kapasitas dan membebani Rupbasan. “Di dalam Rupbasan banyak terdapat barang dan senjata hasil temuan kerusuhan Sampit pada awal tahun 2000an yang lalu, dan berharap barang-barang tersebut dapat dipindahkan ke museum / tempat bersejarah untuk mengenang tragedi tersebut sebagai pembelajaran agar tidak terulang kembali.” Ujar Rizal. Terdapat berbagai barang di dalam Rupbasan diantaranya truk, mobil, sepeda motor, bahan bakar minyak dan senjata tajam sitaan lainnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Jul ’19).

Foto Dokumentasi :

WhatsApp Image 2019-07-11 at 15.35.19 (12).jpegWhatsApp Image 2019-07-11 at 15.35.19 (10).jpegWhatsApp Image 2019-07-11 at 15.35.19 (9).jpegWhatsApp Image 2019-07-11 at 15.35.19 (7).jpegWhatsApp Image 2019-07-11 at 15.35.19 (2).jpegWhatsApp Image 2019-07-11 at 15.35.19.jpegWhatsApp Image 2019-07-11 at 15.35.19 (13).jpeg

 


Cetak   E-mail