LPKApramuka11.jpg

Palangka Raya (10/10/19) - Pramuka Saka Widya Budaya Bakti Kalimantan Tengah melaksanakan Pelatihan Pramuka Kepada 25 orang Anak Didik Pemasyarakatan (ANDIKPAS) LPKA Kelas II Palangka Raya. Pelatihan ini meliputi persiapan kemah bantara dan persiapan pelantikan pramuka penegak, dengan pembina pramuka (Yakub Priyo Sudarmono). Saka Widya Budaya Bakti Kalimantan Tengah ini telah bekerja sama dengan LPKA Kelas II Palangka Raya selama 3 bulan. Bertempat di lapangan, para andikpas ini dilatih baris berbaris, mengenal aturan – aturan kepramukaan, dan yel – yel pramuka. Mereka tampak semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. 

Tujuan dari pelatihan tersebut adalah agar para andikpas dalam menjalani kehidupan sehari – hari dapat lebih disiplin, taat hukum, berjiwa patriotik, dapat menjunjung tinggi nilai – nilai luhur bangsa, serta setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga andikpas menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu membantu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan negara.

LPKApramuka8.jpg

Kepala LPKA Kelas II Palangkaraya (Mubasirudin) mendukung penuh kegiatan tersebut. Melalui pembinaan seperti ini anak didik pemasyarakatan diajarkan menjadi manusia produktif yang akan berkarya dan berguna untuk masyarakat nantinya.

“Pembinaan yang baik dan benar akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang handal, Perkemahan pemasyarakatan ini adalah  bagian dari kegiatan pramuka karena merupakan proses pendidikan non formal untuk membangkitkan karakter dan meningkatkan kecakapan hidup berbangsa khsusunya warga binaan dalam pembentukan karakter bangsa dan peningkatan daya saing generasi muda di tengah persaingan global yang kompetitif," kata Kalapas.

Kasi Pembinaaan (Syahbudinoor) mengatakan pelatihan – pelatihan seperti ini aktif dilaksanakan di LPKA Kelas II Palangka Raya sebagai bentuk pembinaan untuk warga binaan dan anak didik pemasyarakatan. Selain membentuk karakter mereka, pelatihan juga menjadi bekal mereka setelah kembali kemasyarakat nantinya.

Syahbudinoor berharap agenda seperti ini dapat didorong untuk menjadi agenda rutin. "Kami akan selalu mengupayakan dan mendukung semangat dari para andikpas ini untui selalu antusias dan rutin dalam mengikuti kegiatan ini”. Ucapnya

LPKApramuka9.jpg

Sementara itu Kasubsi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan (Bobby Rahmadi) juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan kepribadian andikpas melalui Kepramukaan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur dan pada akhirnya pembentukan akhlak dan budipekerti luhur khususnya kaum muda.

“Kita memotivasi semangat dan mental mereka untuk kembali kepada akhlak yang baik, sesuai Dasa Darma Pramuka telah jelas bahwa mereka harus punya karakter, mental, moral dan watak yang kuat untuk disatukan kepada masyarakat," ujarnya.

Pelaksanaaan Kegiatan Pramuka di LPKA Kelas II Palangka Raya rutin dilaksanakan setiap Rabu sore oleh Anak Didik Pemasyarakatan. (Red-dok, Humas Kalteng, Okt ’19)

LPKApramuka10.jpg