apel25.jpg

Palangka Raya (14/10/19) - Guna memaksimalkan fungsi protokol dan humas pada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang diharapkan dapat menjadi birokrasi yang lebih efektif dan efisien, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah (Ilham Djaya) melakukan pengukuhan dan penyematan pin Protokol dan Humas yang dilaksanakan setelah apel pagi di halaman kantor wilayah. Bertindak sebagai komandan apel (Diana Soekowati), dan diikuti oleh Kepala Divisi Administrasi (Sucipto), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Cahyani Suryandari), dan Kepala Divisi Imigrasi (Ignatius Purwanto), Pejabat Administrator, JFT, JFU serta CPNS. Selain pengukuhan Protokol dan Humas, Kakanwil juga melakukan pemeriksaan atribut pakaian dinas sebagai salah satu bentuk kedisiplinan pegawai dalam berpakaian. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan “Handep Hapakat” secara simbolis diberikan oleh Kakanwil atas prestasi yang ditorehkan oleh Kantor Wilayah Kalimantan Tengah dan Kepala Bidang HAM (Karyadi) dari Bupati Pulang Pisau pada tanggal 10 Oktober 2019 lalu, atas dukungan dan kerjasamanya dalam membantu pemerintah daerah Kabupaten Pulang Pisau dalam mewujudkan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan, dan penegakkan HAM di Kabupaten Pulang Pisau.

Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata pengormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya dalam negara, pemerintah, atau masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan Permenkumham Nomor 31 Tahun 2018 tentang Keprotokolan di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Begitu pula dengan Humas yang memiliki peranan penting dalam menjalankan kegiatan media relations, menjalin hubungan baik dengan wartawan serta seluruh lini ataupun bagian dari lembaga pers. Humas merupakan ujung tombak dimana dari para humas inilah sebuah peristiwa akan menjadi berita yang nantinya akan dipublikasikan.

Kakanwil (Ilham Djaya) menjelaskan bahwa fungsi dan peran protokol sangatlah penting bagi terselenggaranya suatu kegiatan. “Kegiatan keprotokolan menjadi salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan dalam  setiap kegiatan seperti acara resmi, pertemuan resmi, kunjungan kerja, audiensi dan penerimaan tamu ataupun acara perjamuan di satuan kerja jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah ”, tegasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan kantor wilayah pada seluruh satuan kerja apabila dikelola dengan baik tentu akan berpengaruh besar pada reputasi Kementerian. Kanwil dapat memberikan berita secara rutin kepada media massa mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan atau memberikan informasi melalui situs internet sehingga memudahkan publik untuk mengakses dengan begitu transparansi antara pemerintah dengan masyarakat lebih terbuka.

"Disinilah tantangan protokol dan humas dimana diharapkan mampu menyerap dan menerapkan pengetahuannya dalam pekerjaan sehari-hari yang berkaitan erat dengan Kehumasan dan Keprotokolan khususnya dalam kegiatan ceremonial maupun dalam penjamuan pimpinan yang sesuai dengan protap Kementerian Hukum dan HAM" ujar Ilham Djaya menutup amanatnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Okt ’19).

 

Foto Dokumentasi :

grid10.jpg

grid8.jpg

grid7.jpg

grid6.jpg

grid3.jpg

grid2.jpg

grid1.jpg