donordarah10.jpg

Palangka Raya (Selasa, 15/10/2019) - Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-74 yang jatuh pada tanggal 30 Oktober Tahun 2019, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya. Kegiatan donor darah dilaksanakan di halaman Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah menggunakan mobil donor darah PMI.

Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial pejabat/pegawai jajaran Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah terhadap sesama dan salah satu dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Dharma Karyadhika.

Kepala Kantor Imigrasi (Dadan Gunawan) selaku koordinator kegiatan donor darah ini menerangkan bahwa tidak semua pendaftar dapat mendonorkan darahnya, karena ada kriteria yang ditetapkan PMI, ada beberapa faktor yang membuat pendonor tidak bisa mendonorkan darahnya yaitu dikarenakan nilai haemoglobin kurang dari 12 mg, tekanan darah pendonor yang tinggi, atau bisa juga karena pendonor sedang mengalami gangguan kesehatan.

“Manfaat donor darah bagi pendonor sangat banyak. Setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui. Selain itu, tekanan darah jadi lebih stabil. Keuntungan juga bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah. Karena dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan. Kegiatan donor dilakukan guna membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengamankan stok (persediaan) darah, untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan dari masyarakat.’’ Ungkap Dadan.

donordarahwt6.jpg

Tidak hanya Pegawai di jajaran Kemenkumham Kalteng, Kepala Divisi Imigrasi (Ignatius Purwanto), Kepala DIvisi Administrasi (Sucipto), para pejabat Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah dan Kepala UPT serta pegawai UPT di Kota Palangka Raya pun turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini.


FOTO DOKUMENTASI :

 

donordarahwt7.jpgdonordarahwt5.jpgdonordarahwt4.jpgdonordarahwt1.jpgdonordarah9.jpg