Rutan Tamiang Layang Dan Lapas Sukamara Rutin Cek Kesehatan WBP

sehat1.jpg

Palangka Raya - Pemeriksaan kesehatan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) adalah sebagai bentuk pelayanan Rumah Tahanan Kelas IIB Tamiang Layang di bidang kesehatan kepada warga binaannya. Bertempat di Poliklinik Rutan Tamiang Layang pemeriksaan kesehatan terhadap WBP di lakukan, mulai pukul 09.00 WIB s/d selesai.  Beberapa WBP yang merasa ada keluhan  dengan tertib antri menunggu giliran untuk di periksa dengan di dampingi petugas jaga. (09/12/19).

Cuaca yang tidak menentu membuat tubuh menjadi rentan terserang penyakit terutama pilek, batuk dan demam yang sekarang dirasakan oleh beberapa WBP, Walaupun bukan penyakit kronis tetapi tetap dapat menganggu aktivitas harian WBP, dengan itu pemeriksaan kesehatan kepada WBP di Rutan Tamiang Layang dirutinkan setiap hari sabtu.

Rutan Tamiang Layang bersinergi dengan puskesmas Tamiang Layang dalam kegiatan ini dan sebagai rujukan. "Diharapkan WBP di Rutan Tamiang Layang selalu terjaga kesehatannya, agar tidak menghambat setiap kegiatan proses pembinaan di Rutan, Jika dalam pemeriksaan terdapat penyakit yang kronis atau menular akan cepat kita tindaklanjuti ke Rumah sakit setempat agar mendapatkan penanganan medis". Ungkap Karutan Tamiang Layang (Wahyudi).

Di tempat yang berbeda Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara melalui Sub Seksi Pembinaan juga  memberikan pelayanan kesehatan terbaik khususnya bagi Warga Binaan Lapas Sukamara. Sebelumnya Lapas Sukamara juga telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukamara terkait pelayanan kesehatan.

"Karena dari Lapas sudah ada MoU dengan Dinkes Sukamara, Puskesmas Unit Sukamara juga menyediakan obat-obat melalui Dinkes terlebih dahulu disurati untuk permintaan pengajuan obatnya." kata (Gigin) salah satu Staf Sub Seksi Pembinaan di Lapas Sukamara. Gigin juga menyampaikan suksesnya kerja sama ini juga merupakan bantuan Erwin Harirustaman sebagai Kepala Urusan Tata Usaha di Lapas Sukamara.

(dr. Angga Pudjiastuti) selaku Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan WBP di Lapas Sukamara secara rutin memeriksa kondisi kesehatan WBP setiap satu bulan sekali. "Jadi tujuan ini untuk pemeriksaan kesehatan berkala para Narapidana, karena kita tiap sebulan sekali mengecek”. Beliau juga mengungkapkan kegiatan ini merupakan program puskesmas yaitu Pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular), Harapannya agar Napi terpantau kesehatannya secara berkala". Tutupnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Des ’19).

Foto Dokumentasi :

sehat2.jpgRutan Tamiang Layang

sehat4.jpgLapas Sukamara

 


Cetak   E-mail