Antisipasi Gangguan Kamtib, Sat Binmas Polresta Palangka Raya Sambangi Lapas Palangka Raya

palangkalapassambang003.jpg

Palangka Raya - Demi menjaga keamanan dan ketertiban (kamtib) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya serta menjalin komunikasi dan silaturahmi untuk menghindari adanya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang membuat masalah, 3 (tiga) orang anggota dari Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polresta Palangka Raya melaksanakan sambang ke Lapas Palangka Raya. Kamis (04/06/2020).

Kedatangan anggota Sat Binmas Polresta Palangka Raya disambut baik oleh Kepala Sub Seksi Keamanan (Arus Singarimbun) dan Kepala Sub Seksi Pelaporan dan Tata Tertib (Nyoman Tanre) pada pukul 09.30 WIB di ruang Kamtib Lapas Palangka Raya.

Dalam hal ini, pihak Sat Binmas Polresta Palangka Raya menyerahkan surat untuk Kepala Lapas Palangka Raya dalam rangka permintaan data baru Polsus, senjata api dan amunisi serta kasus yang ditangani.

Hal ini sesuai dengan tupoksi Sat Binmas yaitu bertugas melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan penyuluhan masyarakat, pemberdayaan Perpolisian Masyarakat (Polmas), melaksanakan koordinasi, pengawasan dan pembinaan terhadap bentuk-bentuk pengamanan swakarsa (pam swakarsa), Kepolisian Khusus (Polsus), serta kegiatan kerja sama dengan organisasi, lembaga, instansi, dan/atau tokoh masyarakat guna peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadaphukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan serta terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Sub Seksi Keamanan (Arus Singarimbun) menyampaikan bahwa kunjungan ini sudah sering dilakukan. Beliau berharap dengan adanya koordinasi ini dapat meningkatan keamanan dan ketertiban di Lapas Palangka Raya.

"Dari pihak Sat Binmas sudah sering ke Lapas Palangka Raya untuk meminta data-data terbaru sekaligus kontrol. Jadi, koordinasi antara kepolisian dan lapas ini sangat penting, salah satunya jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan di Lapas Palangka Raya dan komunikasi dengan mereka sangat penting agar keamanan dan keteriban Lapas Palangka Raya semakin baik dan meningkat" ungkap Arus. (Reddok, Humas-Kalteng, Juni 2020)

Foto Dokumentasi :

palangkalapassambang004.jpg

palangkalapassambang001.jpg

palangkalapassambang002.jpg

 

Cetak