Sambut Narapidana dan Tahanan baru, Tim Barigas Lapas Sukamara Turun Tangan

WhatsApp_Image_2020-07-08_at_21.26.50_2.jpeg

Sukamara - Sesuai tugas dan fungsinya, Tim Barigas Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara menyambut kedatangan tahanan dan narapidana baru dari Kejaksaan Negeri Kabupeten Sukamara. Setelah melalui tahap Rapid Test dan Administrasi, narapidana dan tahanan baru diarahakan masuk kedalam blok hunian. Sebelum memasuki ruang isolasi covid-19, narapidana yang  berjumlah 4 orang dan tahanan 8 orang mendapatkan bimbingan moral dari Tim Barigas Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara. Kamis (09/07/2020).

Barigas merupakan singkatan dari Bimbingan Moral Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, dimana bimbingan ini bertujuan memberikan penguatan,  dukungan dan doa secara moral bagi tahanan dan narapidana yang baru masuk dalam menjalankan masa hukuman. Selain itu juga, Tim Barigas menjelaskan secara singkat tentang Lapas dan hak-hak dasar yang akan mereka dapatkan, serta menjelaskan kewajiban yang harus mereka lakukan waktu menjadi bagian dari Warga Binaan Pemasyarakatan.

Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Asmuri, melalui Pelaksana harian Kepala Subsi Pembinaan, Budi, ini merupakan rangkaian proses yang harus wajib dilewati oleh setiap narapidana baru, salah satunya bimbingan dari Tim Barigas. "Iya ini merupakan salah satu proses yang wajib diikuti narapidana baru, berhubungan kita juga mendapatkan titipan tahanan dari kejaksaan, jadi mereka juga mendapatkan bimbingan dari Tim Barigas," tuturnya.

"Dengan adanya bimbingan secara moral terhadap narapidana dan tahanan yang baru diharapkan mereka tidak stres selama menjalani masa hukuman, serta terjauh dari niat-niat yang bisa mencelakakan dirinya atau niat untuk melarikan diri," tutup Budi. (Reddok, Humas-Kalteng, Juli 2020).

Foto Dokumentasi :

WhatsApp_Image_2020-07-08_at_21.26.50.jpeg

WhatsApp_Image_2020-07-08_at_21.26.50_1.jpeg

Cetak