Lapas Sukamara Siap Untuk Produktif

lpskmaraoye16011.jpg

Sukamara - Sebagai sebuah Lembaga Pemasyarakatan, sudah semestinya untuk melakukan Pembinaan Kemandirian terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Di dalam melakukan pembinaan juga harus dapat membuat sesuatu yang menghasilkan. Hal itulah yang menjadi tujuan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara yaitu melakukan Program Kemandirian berkebun bagi Warga Binaan, Sabtu (16/01/2021).

Berkebun adalah salah satu kegiatan produktif yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dapat mendatangkan banyak manfaat. Dalam proses berkebun, pengolahan lahan yang secara benar perlu untuk diperhatikan. Hal ini menjadi penting karena lahan yang disiapkan akan menjadi penentu apakah hasil dari yang akan ditanam itu baik atau sebaliknya. Maka dari itu sebelum mulai menanam, lahan yang ada di lingkungan Lapas Sukamara yang akan dijadikan wadah untuk berkebun diolah dengan baik sampai dengan masa penanaman nanti.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Joko Prayitno menyampaikan akan terus melakukan pemantauan terhadap pembuatan perkebunan ini. "Proses pembuatan lahan perkebunan ini akan kita pantau terus. Pengecekan dan pemantauan secara langsung perlu untuk dilakukan, supaya nanti hasil yang didapat bisa maksimal. Pengolahan lahan ini menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan supaya nanti dari setiap proses yang dilakukan bisa menghasilkan tanah yang baik dan subur supaya apa yang kita tanami nanti hasilnya juga bisa baik," Tuturnya.

Pengolahan lahan secara benar dan tepat akan mendatangkan banyak manfaat dalam berkebun. Selain daripada itu, perawatan terhadap bibit tanaman yang akan ditanami pada lahan perkebunan juga perlu untuk diperhatikan. Mulai dari proses penyiapan wadah sementara bagi tanaman itu sendiri sampai dengan nanti saat ditanami. Harapan kedepannya, dari pengolahan lahan yang sudah dilakukan dan persiapan yang baik bagi bibit tanaman nantinya dapat membuahkan hasil yang baik seperti yang diharapkan. (Red-Dok, Humas Kalteng, Jan'21).

lpskmaraoye16013.jpglpskmaraoye16012.jpg

Cetak