Rutan Kuala Kapuas Terus Perluas Lahan Food Estate Prison

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_12.50.18_1.jpeg

Kuala Kapuas – Food Estate Prison merupakan salah satu program Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kantor Wilayah Kalimantan Tengah Tahun 2021. Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas sendiri telah memiliki program pembinaan dibidang pertanian, perikanan dan hortikultura dalam mendukung program tersebut.

Rutan Kuala Kapuas dalam hal ini terus memperluas lahan yang akan digunakan untuk pembinaan dibidang hortikultura. Terlihat para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sedang membersihkan lahan tidur yang akan diolah untuk dijadikan media penanaman sayuran, sabtu (06/03/2021).

Kegiatan ini diawasi dan diarahkan langsung oleh petugas pembimbing kemandirian, I Ketut Cemarne. Lahan yang terletak di sebelah kolam budidaya ikan ini sebelumnya merupakan bekas taman bunga yang tidak terawat. Sehingga lahan tersebut diolah kembali dan ditanami tanaman yang bermanfaat yaitu sayur mayur.

I Ketut Cemarne mengatakan bahwa jajaran Rutan Kuala Kapuas telah berkomitmen untuk mendukung penuh program Kemenkumham Kalimantan Tengah.  “Sesuai arahan Kepala Rutan yang memerintahkan jajaran Rutan Kuala Kapuas untuk mendukung penuh program food edtate prison ini, jadi kami terus berupaya meningkatkan pembinaan dan memperluas lahan sebagai media penanaman sayuran”, pungkasnya.

 “Untuk menyempurnakan hortikultura di Rutan Kuala Kapuas, rencananya kita akan tanami lombok, terong dan tomat, sengaja kami pilih jenis ini untuk membedakan dengan lahan pembinaan yang lain dan untuk memperbanyak jenis sayuran di Rutan Kuala Kapuas”, tutup Ketut.

Selama ini jenis tanaman yang sudah dilakukan panen di Rutan Kuala Kapuas antara lain padi, sawi, kangkung, kacang panjang, bayam, kembang kol, kemangi, bawang prei, terong, lombok, jagung, pare, karawila dan masih banyak lagi. Harapan kedepannya kegiatan pembinaan ini dapat ditingkatkan lagi sehingga Rutan Kuala Kapuas dapat memasok pasar untuk keperluan masyarakat Kapuas dengan harga yang lebih murah.  (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021)

Foto Dokumentasi :

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_12.50.18.jpeg

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_12.50.20.jpeg

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_12.50.19.jpeg

 

 

 

 


Cetak   E-mail