Tingkatkan Personal Hygiene, Rutan Kuala Kapuas bagikan peralatan mandi dan cuci

 

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_13.04.33.jpeg

Kuala Kapuas – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas bagikan peralatan mandi berupa gayung, pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, serta sabun cuci untuk melengkapi kebutuhan 126 orang tahanan dan 182 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (05/03/2021).

Kegiatan ini langsung dipimpin oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Wahyu Cahyadi dan Staf, Ananda Alif. Dimulai pada pukul 14.00 WIB saat WBP berada di dalam kamar hunian dengan dibantu beberapa tamping yang mendorong gerobak berisi peralatan mandi. Kamar per kamar didatangi untuk membagikan langsung kepada WBP yang bersangkutan.

“Ini merupakan kegiatan rutin diadakan di Rutan Kuala Kapuas dan sesuai dengan Undang-Undang No. 12 Tahu 1995 tentang Pemasyarakatan, merupakan hak bagi warga binaan untuk mendapatkan perawatan, baik perawatan rohani maupun jasmani. Dengan adanya pembagian alat-alat mandi dan cuci ini merupakan upaya dari Rutan Kuala Kapuas melalui Subseksi Pelayanan Tahanan memenuhi kebutuhan perawatan jasmani warga binaan sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan mereka (WBP) apalagi ditengah masa pandemi virus (Corona Virus Disease 2019) Covid-19 kebersihan personal hygiene harus sangat diperhatikan” jelas Wahyu.

Bagi warga binaan terutama mereka yang jarang mendapatkan kiriman dari keluarga terkendala jauh dan sejak ditutupnya kunjungan tatap muka dengan adanya pembagian peralatan mandi dan perlengkapan cuci ini membantu meringankan beban warga binaan, hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto, yang turut memantau kegiatan ini.

“Memang benar ada (warga binaan) yang jarang atau tidak pernah mendapatkan kiriman dari keluarga, alasannya karena ada yang tempat tinggalnya jauh bahkan ada yang berasal dari luar (Kapuas) terkendala transportasi  dengan adanya pembagian ini harapannya kami (Rutan Kapuas) pun turut membantu meringankan beban mereka walaupun tidak banyak tapi cukup” tutur Toni.  (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021)

Foto Dokumentasi :

 

 

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_13.04.34.jpeg

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_13.04.33_1.jpeg

 

 

 


Cetak   E-mail