Rutan Kuala Kapuas Tanami Lahan Beranggang

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_10.30.11.jpeg

Kuala Kapuas – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas memiliki lahan beranggang tepat di depan halaman. Lahan ini tidak dibiarkan kosong begitu saja, Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas menyulap lahan kosong menjadi lahan beranggang yang ditanami sayuran. Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka.KPR), Julianoor terlihat meninjau langsung kegiatan pemeliharaan rumput yang dilakukan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Sabtu (06/03/2021)

Meski memiliki lahan beranggang yang tidak begitu luas, hal tersebut tetap berhasil dimanfaatkan menjadi kebun sayur yang baik dan terawat dalam program pembinaan kemandirian kepada WBP. “Jenis sayur yang ditanam sawi dan kangkung, hari ini WBP sedang membersihkan rumput di sekitar tanaman agar pertumbuhan sayuran dapat maksimal dan tidak ada hama. Luas lahan beranggang yang dimafaatkan kurang lebih 4 x 40 meter, untuk usia sawi dan kangkung sudah sekitar 2 minggu, usia 1 bulan nanti akan siap dipanen”, tutur Julianoor.

“Sebelum ditanami, tanah terlebih dahulu ditaburi kapur, gunanya untuk mensterilkan tanah yang asam, kemudian dilakukan pembibitan, lanjut ditaburi pupuk urea dan terakhir diberi pupuk phonska", tambah Julianoor. Julianoor memberikan tanggapan positif bahwasanya kegiatan ini merupakan kegiatan kemandirian yang baik bagi WBP untuk dapat mengasah kemampuan WBP dalam berkebun, sehingga ketika Warga Binaan Pemasyarakatan bebas dari Rutan Kuala Kapuas nanti dapat berbaur dengan masyarakat lainnya dan tidak di cap sebagai orang jahat. “Kegiatan ini akan terus berjalan dan dikembangkan, nantinya bukan hanya sayur sawi dan kangkung saja yang akan ditanam”, tutup Julianoor.  (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021)

Foto Dokumentasi :

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_10.30.14.jpeg

WhatsApp_Image_2021-03-06_at_10.30.14_1.jpeg

Cetak