KPPDH HAM Lapas Muara Teweh Diusulkan Menjadi Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Mewakili Kabupaten Barito Utara

twh2.jpg

Muara Teweh - Koperasi Pengayoman Pegawai Departemen Hukum dan HAM (KPPDH HAM) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019. Rabu, 18 Maret 2020.

Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat Lapas Kelas IIB Muara Teweh pada pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, dihadiri oleh perwakilan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disnakertranskop dan UKM) Kabupaten Barito Utara, awak media, dan seluruh anggota KPPDH HAM Lapas Muara Teweh.

Kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) sesi, yang pertama kegiatan pembukaan bersifat umum dan kedua kegiatan sidang Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang bersifat khusus. Ketua KPPDH HAM, Frans Sudarna dalam laporannya menyampaikan "KPPDH HAM Lapas Muara Teweh sudah berbenah dari sebelumnya yang dibuktikan dengan akan diusulkan menjadi koperasi berprestasi tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Barito Utara".

Kalapas Muara Teweh, Sarwito memberikan apresiasi kepada pengurus koperasi yang sudah bekerja keras merubah koperasi yang sebelumnya kurang sehat menjadi koperasi yang sangat sehat seperti sekarang ini, hingga diusulkan menjadi koperasi berprestasi, dengan pertimbangan taat membayar pajak dan pertumbuhan sangat pesat yang ditandai dengan Sisa Hasil Usaha (SHU) dari tahun berjalan meningkat tajam dimana tahun 2018 sebesar 42,2 jt meningkat menjadi 105,58 juta (150%). "Koperasi sehat ada 3 (tiga) kunci, pertama jalannya koperasi sudah sesuai dengan Undang-Undang Koperasi (UU No 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, kedua segala kegiatan perkoperasian berjalan lancar dan tertib, ketiga RAT sebagai wujud pertanggungjawaban pengurus ke anggota sudah dilaksanakan tepat waktu," tutur Sarwito.

Kepala Disnakertranskop dan UKM Kabupaten Barito Utara melalui Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi, Yulis Ashari dalam sambutannya membenarkan bahwa KPPDH HAM LAPAS MUARA TEWEH akan diusulkan menjadi koperasi berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. "Rukun-rukun dalam berkoperasi, jika ada permasalahan sampaikan dalam RAT jangan di belakang, karena keruntuhan koperasi berasal dari dalam anggota koperasi itu sendiri," pesan Yulis Ashari.

Usai memberikan sambutan dilanjutkan pembukaan secara resmi oleh Yulis Ashari,

Kegiatan RAT Tahun Buku 2019 dilaksanakan secara khusus oleh anggota koperasi Lapas Muara Teweh dan berjalan dengan lancar sampai dengan selesai. (Red-dok, Humas Kalteng, Mar’ 2020).

 

Foto Dokumentasi :

twh3.jpg

twh1.jpg

twh4.jpg

 

Cetak