PECAHKAN REKOR MURI, KHATAMAN AL-QUR”AN WBP SELURUH INDONESIA DAMAIKAN NUSANTARA MELALUI MENGAJI

0.0aatam30

Palangka Raya (20/4) Dalam rangka peringatan hari Bhakti Pemasyarakatan ke 53 Tahun 2017 sejumlah program kegiatan dilaksanakan untuk hari bhakti tersebut mulai dari kegiatan bhakti sosial yakni dengan adanya pembersihan lingkungan kantor, lingkungan masyarakat, fasilitas umum sampai kepada pembersihan rumah-rumah ibadah seperti Mesjid, gereja dan Vihara. Pada hari Kamis (20/04) Serentak Lapas/Rutan diseluruh melaksanakan satu kegiatan yang bisa membuat haru dan menitikan air mata bagi kita semua, yakni dengan dilaksanakannya kegiatan Khataman Al-Qur’an secara serentak diseluruh nusantara oleh para warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kegiatan Khataman Al-Qur’an ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia bahkan bisa klaim di dunia, karena selain menorehkan rekor dari Museum Rekor Indonesia kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud nyata dalam pelaksanaan implementasi  gerakan cinta ibadah.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius M. Ayorbaba selaku Koordinator kegiatan Khataman Al-Qur’an Lapas/Rutan Se-Kalimantan Tengah mengatakan bahwa kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB. Dilaksanakan di 11 (sebelas) UPT Lapas/Rutan Se-Kalimantan Tengah. Pada rangkaian acara, dimulai dengan  pelaksanaan Sholat Sunat Dhuha secara berjama’ah dilanjutkan dengan Khataman Al-Qur’an dan di akhiri dengan Sholat Dzuhur secara berjama’ah.  Kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui media teleconference melalui aplikasi zoom keseluruh UPT Lapas/Rutan se-Nusantara. Bahkan kata Anthon, ada beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang mengundang beberapa media cetak dan elektronik agar menyiarkannya di televisi lokal daerah masing-masing. Kegiatan ini juga bertujuan agar para warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas/Rutan menjadi manusia yang tangguh dan tahan uji serta cinta ibadah. Pembinaan dan Pembimbingan pihak Lapas/Rutan agar menjadi modal dasar dalam melanjutkan hidup kearah yang lebih baik lagi sehingga benar-benar menjadi insan yang benar-benar tobatan nasuha yaitu tobat sebenarnya dan berjanji apabila bebas nanti tidak akan mengulangi kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya.

Ditempat terpisah, dari Bogor Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Agus Purwanto, saat menghadiri kegiatan Pelantikan MKN/MPWN bersama Kadiv Pelayanan Hukum menanggapi kegiatan ini mengatakan bahwa dirinya merasa haru dan  mengucapkan syukur alhamdulillah atas suksesnya pelaksanaan kegiatan ini. Berkat kerja keras dan kerjasama yang baik terutama dari para Kepala UPT Lapas/Rutan Se-Kalimantan Tengah kita turut andil dalam mensukseskan program yang di usung oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakana Kemenkumham RI dalam rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 53 di Tahun 2017 ini. Menurut Agus, hari ini Nusantara benar-benar sejuk dan damai karena dikumandangkannya syair-syair ayat suci Al-Qur’an secara serentak diseluruh wilayah nusantara yang kita cintai ini. Apalagi ini dilakukan oleh WBP yang notbanenya merupakan warwa binaan kita semua, insya Allah ini akan menjadi berkah bagi kita semua masyarakat Indonesia pada umumnya dan warga pengayoman serta WBP lebih khususnya. Harapan Agus semoga kegiatan ibadah pengajian dan Khataman Al-Qur’an akan selalu dilakukan dan bahkan lebih ditingkatkan guna menjadikan kita sebagai insan yang cinta ibadah.  Create & Dok. Pirhan Humas Kalteng melaporkan.

Foto Dokumentasi :

LAPAS KELAS II A PALANGKA RAYA

0.0aatam12

0.0aatam14

0.0aatam15  0.0aatam17

LAPAS KELAS II B SAMPIT

0.0aatam

0.0aatam4

0.0aatam5

0.0aatam6

LAPAS KELAS II B PANGKALAN BUN

0.0aatam24

0.0aatam3

0.0aatam23

0.0aatam21

0.0aatam19

0.0aatam20

0.0aatam22

0.0aatam25

0.0aatam28

0.0aatam29

 

LAPAS KELAS II B MUARA TEWEH

0.0aatam9

0.0aatam10

0.0aatam11

 

LPKA KELAS II A PALANGKA RAYA

0.0aatam7

 

LAPAS PEREMPUAN KELAS II PALANGKA RAYA

0.0aatam8

0.0aatam13

0.0aatam26

 

LPKN KELAS III KASONGAN

0.0aatam18

 

RUTAN KELAS II A PALANGKA RAYA

0.0aatam2

0.0aatam1

0.0aatam32

0.0aatam31

 

RUTAN KELAS II B KUALA KAPUAS

0.0aatam27

 

RUTAN KELAS II B BUNTOK

0.0aatam33

0.0aatam34

0.0aatam35

0.0aatam36

0.0aatam37


Cetak   E-mail