Paskah Serentak bersama WBP, wujud toleransi dalam Kebhinnekaan dan refleksi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi

paskah

Palangka Raya (23/4)

Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-53, Kementerian Hukum dan HAM mengadakan Paskah Bersama Jajaran Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan yang serentak dilakukan di Lapas/Rutan seluruh Indonesia. Paskah Bersama ini dihadiri langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, Sekretaris Jenderal, Bambang Rantam Sariwanto dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan Kusmiantha Dusak yang dipusatkan di Manado, Sulawesi Utara. Meskipun demikian, Acara Ibadah dan Perayaan Paskah ini disaksikan langsung oleh seluruh Warga Binaan di seluruh Indonesia secara streaming melalui aplikasi Zoom. Tidak terkecuali, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melalui pelaksanaan tugas Divisi Pemasyarakatan turut mensukseskan penyelenggaraan Paskah Bersama tersebut. Perayaan Paskah bersama ini selaras dengan Gerakan Cinta Ibadah yang terus ditingkatkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah di bawah pimpinan Agus Purwanto.

Kepala Divisi Pemasyarakatan yang juga sebagai koordinator pelaksanaan Paskah Serentak di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Anthonius M. Ayorbaba dengan didampingi keluarga, tepat pukul 07.30 WIB mengikuti ibadah Paskah Bersama di Rutan Klas IIA Palangka Raya. Minggu (23/4).

paskah 2

ibadah Paskah Bersama di Rutan Klas IIA Palangka Raya

paskah 3

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Anthonius M. Ayorbaba saat membawakan puji-pujian bersama WBP

Ibadah diisi dengan Refleksi Khotbah dari Pendeta dan Puji-Pujian berupa berupa Vokal Grup dan Paduan Suara dari Warga Binaan. Yang lebih menarik pada perayaan Paskah ini adalah Anthonius bersama Warga Binaan yang ada di Rutan Klas IIA Palangka Raya turut serta membawakan Pujian berupa paduan suara. Hal tersebut menurut Anthonius adalah sebagai ungkapan syukur dan sukacitanya bisa beribadah bersama merayakan paskah dengan seluruh Warga Binaan Kristiani di Lapas/Rutan yang ada di Kalimantan Tengah. Sebagai Informasi bahwa jumlah Warga Binaan Kristiani se-Kalimantan Tengah yang turut serta dalam perayaan Paskah Serentak ini adalah sebanyak 595 orang yang tersebar di 11 UPT antara lain : Lapas Klas IIA Palangka Raya (140), Rutan Klas IIA Palangka Raya (158), Lapas Perempuan (16), LPKA Palangka Raya (2), Rutan Klas IIB Buntok (27), Lapas Klas IIB Sampit (54), Lapas Klas IIB Pangkalan Bun (58), LPKN Kasongan (62), Lapas Klas IIB Muara Teweh (29) dan Rutan Klas IIB Kuala Kapuas (29) dan Rutan Klas IIB Tamiang Layang (20)

paskah 4

Paduan Suara Gabungan WBP Lapas Klas IIA Palangka Raya dan Lapas Pembinaan Perempuan di Gereja Lapas Klas IIA Palangka Raya

paskah 5

Streaming Perayaan Paskah bersama Menteri Hukum dan HAM di Manado

Rangkaian Perayaan Paskah dilanjutkan dengan Pesan Paskah yang disampaikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly. Paskah adalah suatu perayaan bagi umat Kristiani untuk memperingati Kebangkitan Yesus Kristus yang telah rela mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa umat manusia. “Perayaan Paskah tahun ini bertepatan dengan rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 yang pada puncaknya akan kita rayakan pada tanggal 27 April 2017 nanti, kiranya mampu membangun mental untuk memperkuat dan meningkatkan semangat kerja maupun semangat kinerja bagi seluruh jajaran Pemasyarakatan, mempererat tali silahturahmi dan meningkatkan keimanan, semangat, motivasi antar Warga Binaan Pemasyarakatan Kristiani yang menempati Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pemasyarakatan di seluruh Indonesia” Ungkapnya.

Yasonna menambahkan bahwa beberapa waktu lalu KEGIATAN APEL SIAGA KAMI KERJA PASTI BERSIH MELAYANI DALAM RANGKA MEMBANGUN INTEGRITAS JAJARAN PETUGAS PEMASYARAKATAN MELALUI REVOLUSI MENTAL, jajaran Petugas Pemasyarakatan diharapkan selalu membangun integritas, yaitu untuk selalu memiliki kewibawaan dan kejujuran dalam melaksanakan tugas dan BERSIH MELAYANI dari praktik pungutan liar, peredaran narkotika yang dikendalikan oleh para narapidana dan sejumlah oknum Petugas Pemasyarakatan.  Dalam situasi over kapasitas tahanan dan narapidana yang saat ini sudah mencapai angka 215.812 per 7 April 2017, adalah tugas yang amat sangat berat untuk selalu menghadirkan Pemasyarakatan yang Bersih Melayani. “Saya berharap selalu ada doa, semangat, sukacita, dan harapan yang kuat dalam setiap jiwa Pemasyarakatan bersama dengan upaya pemerintah untuk selalu menghadirkan Pemasyarakatan yang lebih baik dari sebelumnya” Ungkap Yasonna

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan Kusmiantha Dusak dalam sambutannya mengucapkan Selamat Paskah Bagi Umat Kristiani Petugas Pemasyaratan dan Warga Binaan yang ada di Lapas/Rutan se-Indonesia.  Setiap tahun umat kristiani merayakan Paskah, akan tetapi I Wayan Dusak sangat mengapreasi perayaan Paskah yang dilaksanakan pada tahun 2017 ini karena untuk pertama kalinya bisa dilaksanakan secara serentak. “Melalui kegiatan ini saya mengharapkan agar kita bisa menciptakan suasana kondusif, aman dan tentram. Kita harus menimbulkan sikap toleransi yang tinggi karena Negara Kesatuan Republik Indonesia menjunjung Bhinneka Tunggal Ika” ungkapnya

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Rantam Sariwanto dalam sambutannya mengharapkan agar melalui pelaksanaan Paskah ini segenap petugas di jajaran pemasyarakatan agar tergerak hatinya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga binaan. Khusus bagi warga binaan, Bambang mengharapkan agar para warga binaan bisa mengimplementasikan makna perayaan Paskah pada tahun ini dengan terus menguatkan iman dan bisa memperbaiki diri, sehingga setelah selesai menjalani hukuman di Lapas/Rutan, warga binaan tersebut bisa diterima dengan baik di masyarakat.

paskah 6

Foto Bersama, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Anthonius M. Ayorbaba, Kepala Rutan Klas IIA Palangka Raya, Tunggul Buono, Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan pada perayaan Paskah Bersama

Sebagai penutup dari rangkaian Perayaan Paskah Serentak ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng, Agus Purwanto beserta Kepala Divisi Pemasyarakatan, Anthonius M. Ayorbaba mengucapkan terima kasih dan apresiasi bagi Kepala UPT bersama pegawai, serta Warga Binaan yang telah mensukseskan Perayaan Paskah sehingga berlangsung dengan aman, tertib dan penuh kedamaian. Mari Kita Terus bekerja mewujudkan Pemasyarakatan Bersih dan Melayani, Menuju PAS KALTENG SMART BERSINAR (Humas Kalteng)

LAPAS KLAS IIA PALANGKA RAYA DAN LAPAS PEMBINAAN PEREMPUAN

Lapas LPP

Lapas LPP 2

Lapas LPP 3

 

LAPAS KLAS IIB MUARA TEWEH

lapas teweh

lapas teweh 2

 

LPKN KASONGAN

lpkn

 

LAPAS KLAS IIB PANGKALAN BUN

p bun

lp p.bun 2

lp p.bun 3

 

LAPAS KLAS IIB SAMPIT

lp sampit

lp sampit 2

 

RUTAN KLAS IIB BUNTOK

rutan buntok

rutan buntok 2

 

RUTAN KLAS IIB KUALA KAPUAS

rutan kapuas

rutan kapuas 2


Cetak   E-mail