LAKSANAKAN MONITORING DAN EVALUASI KE RUTAN TAMIANG LAYANG, KAKANWIL MINTA PENGUATAN TUGAS DAN FUNGSI HARUS DILAKSANAKN DENGAN BAIK.

zzzzzyyzzttmiang3

Kepala Rutan Tamiang Layang beserta seluruh jajarannya berfoto bersama Kakanwil Kemenkumham Kalteng saat melaksanakan monev ke Tamiang Layang

Tamiang Layang– Dalam rangka menantisipasi gangguang keamanan yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Lapas/Rutan Se-Kalimantan Tengah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Yoseph, pada hari Kamis (17/05) melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi ke Rumah Tahanan Negara Kelas II B Tamiang Layang terkait penguatan tugas dan fungsi Rutan.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh seluruh pegawai Rutan Tamiang Layang tersebut, Kakanwil menyampaikan bahwa Rutan merupakan salah satu unit utama dari Pemasyarakatan yang mempunyai tugas dan fungsinya sebagai pelayanan tahanan. Walaupun tidak bisa kita pungkiri saat ini di Rutan banyak juga memiliki narapidana sehingga tugas dan fungsinya selain melayani para tahanan juga melakukan kegiatan pembinaan kepada narapidana.

zzzzzyyzzttmiang

Hal ini tentu menjadi bertambahnya beban tugas yang harus dilaksanakan, oleh karena itu diharapkan seluruh elemen yang ada di Rutan Tamiang Layang agar berkomitmen bersama untuk membawa Rutan Tamiang Layang menjadi Rutan yang memiliki layanan terbaik kepada masyarakat (warganya). Dengan demikian maka akan tercipta suasana Rutan yang amandan kondusif. Ciptakanlah ruang/suasana yang baik, kembangkan kreatifitas, menampung/menyalurkan keluhan warga serta menjadi mampu memecahkan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.

Begitu juga halnya bagi para petugas penjagaan terutama bagi yang bertugas di bagian Penjaga Pintu Utama (P2U). Penguatan tugas dan fungsi P2U juga harus diperhatikan karena ini merupakan bagian vital dari sirkulasi masuknya manusia maupun barang-barang kedalam Rutan. Oleh karenanya Kakanwil meminta para petugas harus lebih ekstra dan hati-hati dalam melaksanakan tugasnya harus memiliki integritas terhadap korp dan organisasinya, apalagi terjadi hal-hal yang mencurigakan segera tangkap dan laporkan agar dilakukan proses penyelidikan sehingga keadaan Rutan tetap berjalan tertib dan aman.

Diakhir arahannya Kakanwil mengharapkan agar seluruh jajaran Pemasyarakatan harus bersatu, lebih maju, bahu membahu serta bergotong royong untuk lebih dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan, serta pelayanan kepada masyarakat khususnya kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

zzzzzyyzzttmiang1

Usai memberikan arahan, dengan didampingi Kepala Rutan Wahyudi beserta para pejabat Rutan Tamiang Layang, Kakanwil melakukan peninjauan keseluruh penjuru yang ada di Rutan mulai dari tempat ibadah, dapur, blok, sarana pembinaan sampai kepada branggang jalan lingkungan Rutan. Dikatakannya, Rutan Tamiang Layang merupakan Rutan terluas yang ada di Kalimantan Tengah, penataan nya terlihat bagus dan bersih dan rapi hal ini untuk tetap terus dipertahankan agar menjadi salah satu Rutan kebanggaan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng, ucap Yoseph Kakanwil. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Apr. 2018).

Foto Dokumentasi :

zzzzzyyzzttmiang2


Cetak   E-mail