KAKANWIL PIMPIN UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-110

harkitnas kanwil

Palangka Raya_Kebangkitan Nasional Indonesia adalah periode pada paruh pertama abad ke-20, di mana banyak rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai "orang Indonesia". Masa ini ditandai dengan peristiwa penting, salah satunya yaitu berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, yang kemudian diperingati rakyat Indonesia sebagai Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Kepala Kantor Wilayah, Yoseph beserta jajaran turut memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 dalam rangkaian upacara di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng, Jalan Adonis Samad, Palangka Raya. Senin (21/5). Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 yang bertema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional di Era Digital” juga dilaksanakan di beberapa Unit Pelaksana Teknis yang ada di Kalimantan Tengah.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Kantor Wilayah yang menjadi inspektur upacara, Yoseph mengatakan bahwa Bersatu adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia, namun pada saat yang sama tantangan yang mahakuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan. Presiden Pertama dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 1952 mengatakan bahwa “Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ‘idee’, satu naluri pokok daripada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa.

harkitnas kanwil 2

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 di halaman Kantor Wilayah yang dihadiri Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Anthonius M. Ayorbaba

Yoseph menambahkan, dalam Butir kelima dari Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui kualitas hidup manusia Indoensia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan. Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2019, melanjutkan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahunsebelumnya. Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Oleh sebab itu tema “PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMPERKUAT PONDASI KEBANGKITAN NASIONAL INDONESIA DALAM ERA DIGITAL” dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018 harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh Pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indoensia.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110. Mari maknai peringatan tahun ini dilingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang. Terima Kasih. Bangkit Indonesia!” pesan Yoseph diakhir pembacaan sambutan (Humas Kalteng)

Dokumentasi UPT :

LAPAS KELAS IIA PALANGKA RAYA - LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA PALANGKA RAYA - LPKA KELAS IIA PALANGKA RAYA

harkitnas LAPAS LPP LPKA 4

harkitnas LAPAS LPP LPKA 2

LAPAS KELAS IIB PANGKALAN BUN

harkitnas LAPAS PANGKALAN BUN

LAPAS KELAS IIB MUARA TEWEH

harkitnas LAPAS TEWEH

LAPAS KELAS III SUKAMARA

harkitnas Lapas Sukamara 2

RUTAN KELAS IIA PALANGKA RAYA

harkitnas RUTAN PALANGKA RAYA

RUTAN KELAS IIB KAPUAS

harkitnas Rutan Kapuas

RUTAN KELAS IIB BUNTOK

harkitnas Rutan Buntok

RUTAN KELAS IIB TAMIANG LAYANG

harkitnas Rutan Tamiang Layang

BAPAS KELAS II PALANGKA RAYA

harkitnas BAPAS Palangka Raya

KANTOR IMIGRASI KELAS I PALANGKA RAYA

harkitnas Kanim Praya

KANTOR IMIGRASI KELAS II SAMPIT

harkitnas Kanim Sampit


Cetak   E-mail