Palangkaraya - Kadivmin (Nur Azizah R) beserta staff melakukan kunjungan kerja yang dilaksanakan dalam rangka memonitor mengenai Tusi dalam keadministrasian, serta memberikan penguatan terkait pembangunan Zona Integritas di Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Palangka Raya. Kehadiran Kadivmin dan staff disambut hangat oleh Kakanim Palangka Raya (Mulyadi). (Kamis, 09/02/2023).
Kadivmin juga menyampaikan perihal pentingnya glorifikasi pemberitaan positif, pelaksanaan LKJIP, Manajemen Risiko, dan tusi administratif dan teknis pada Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Palangka Raya harus dilaksanakan dengan tepat sesuai waktu yang ditetapkan.
Disampaikan pula kepada seluruh pegawai agar mampu membangun komitmen, budaya kerja dan pola pikir yang sudah dibangun ke arah yang lebih baik dan diikuti oleh seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan Zona Integritas. Miliki karakter Happy (Habbit, Action, Purpose, People dan Your Believe). Mari kita harus mau belajar, peduli dan baca. Kita jaga nama baik Kemenkumham. Tak lupa Kadivmin juga mewanti-wanti seluruh pegawai di jajaran Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Palangka Raya untuk berhati-hati menghadapi tahun politik. Sikapi tahun politik ini dengan baik, pintar, dan sesuai dengan ketentuan.
Selanjutnya Kadivmin juga menyampaikan arahannya mengenai kehumasan, dimana kehumasan memegang peranan penting dalam menciptakan serta mendorong opini yang positif pada publik terkait kinerja suatu organisasi pemerintah. SDM kehumasan haruslah bekerja dengan pedoman yang baik, khususnya yang berkaitan dengan kepuasan masyarakat selaku pengguna layanan.
Melalui pengelolaan humas yang baik, kita dapat mengedukasi masyarakat tentang satu hal yang berkaitan dengan kepentingan organisasi. Kita dapat juga meningkatkan citra dan reputasi organisasi. Kehumasan juga dapat membangun komunikasi dua arah yang saling menguntungkan didasari kepercayaan antar-stakeholder, selain itu tugas humas dalam pemerintahan terbagi jadi dua bagian besar (eksternal dan internal). Untuk kehumasan internal, tim Humas berupaya untuk melahirkan hubungan baik badan atau instansi pemerintah yang lain, dengan tujuan memperkuat hubungan, mempermudah koordinasi, dan kerjasama antarlembaga, sementara, untuk kehumasan eksternal, tim Humas menjadi yang terdepan dalam membina hubungan dengan masyarakat. Tim Humas menjelma menjadi mulut, mata dan telinga dari pemerintah. Selain terus berupaya menyampaikan informasi dari pemerintah secara jelas dengan luwes, tim Humas juga harus mampu menangkap bagaimana pendapat umum tentang citra maupun isu-isu yang tengah berkembang, untuk selanjutnya bisa menjadi bahan masukan kepada pemerintah.
Diharapkan seluruh pegawai pada Kantor Imigrasi dapat berkontribusi dengan memberikan informasi-informasi terbaru jika ada terkait peraturan-peraturan atau perubahan dalam ketentuan layanan atau informasi lainnya kepada Kantor Wilayah, untuk segera dilakukan update pada Aplikasi Humanis sehingga masyarakat luas yang mengakses bisa mendapatkan informasi yang terbaru. Kadivmin juga memberikan secara simbolis kepada Kakanim berupa Buku pedoman dan rompi Humanis untuk memberikan semangat bagi jajaran Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Palangka Raya dalam menciptakan hubungan baik dengan media dan mampu menjelaskan banyak hal kepada masyarakat, memperluas cakupan saat melakukan proses sosialisasi dan menjawab isu yang beredar sehingga mampu meningkatkan citra positif bagi organisasi. (Red-dok, Redaksi : Humas Kanwil Kalteng, Februari 2023)