Ayo Bangkit Bersama, Kanwil Kemenkumham Kalteng Peringati Harkitnas ke-114

harkitnas_1.jpg

Palangka Raya - Kebangkitan Nasional Indonesia adalah periode pada paruh pertama abad ke-20, di mana banyak rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai "orang Indonesia". Masa ini ditandai dengan peristiwa penting, salah satunya yaitu berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, yang kemudian diperingati rakyat Indonesia sebagai Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah turut memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 dalam rangkaian upacara di Aula Mentaya Kantor Wilayah, Jumat (20/05/2022). Pada upacara kali ini Kepala Kantor Wilayah (Hendra Eka Putra) mengikuti kegiatan upacara di Lapangan BPSDM Kemenkumham.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Johnny G. Plate), dalam sambutan nya yang dibawakan oleh Kepala Divisi Administrasi (Nur Azizah Rahmanawati) selaku inspektur upacara mengatakan bahwa pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

“Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional”, Ujar Nur Azizah.

Nur Azizah menambahkan, Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

“Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!”, pesan Nur Azizah diakhir pembacaan sambutan. (Red-Dok, Humas Kumham Kalteng, Mei 2022)

Foto Dokumentasi:
harkitnas_2.jpgharkitnas_4.jpgharkitnas_3.jpgharkitnas_5.jpg


Cetak   E-mail