Provinsi Kalteng Catat Rekor MURI, Kanwil Kemenkumham Kalteng Ikut Semarakkan Festival Mangenta

mangenta_1.jpg

Palangka Raya - Provinsi Kalimantan Tengah berhasil mencatatkan sekaligus memecahkan rekor dunia Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yaitu mangenta dengan peserta terbanyak. Dalam rekor pencatatan MURI peserta berjumlah 1043 orang. Sebagai salah satu instansi pemerintah, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah turut andil dalam menyemarakkan Festival Mangenta ini. Minggu (22/05/2022).

Mangenta adalah suatu kegiatan yang berasal dari nenek moyang suku Dayak Kalteng dahulu kala atau dengan kata lain sifatnya turun temurun. Mangenta adalah kegiatan kaum petani bersyukur atas dimulainya panen padi pada saat musim tiba untuk menuai.

Acara yang dilaksanakan di Bundaran Besar, Palangka Raya ini  merupakan rangkaian terakhir dari Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dalam rangka hari jadi ke-65 Provinsi Kalteng .Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Arhan Faiz Muhlizi) mewakili Kanwil Kemenkumham Kalteng dalam pagelaran Festival mangenta. 

Prosesi tradisi mangenta oleh peserta terbanyak ini merupakan wujud kolaborasi bersama antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat, terutama generasi muda yang dituntut senantiasa belajar disegala bidang guna mempersiapkan diri menjadi masyarakat yang berkualitas di bidangnya.

"Festival ini adalah upaya menjaga tradisi dan budaya bangsa, harapannya generasi muda dapat lebih mengetahui dan melestarikan budaya Kalimantan Tengah ini", ujar Arhan. (Red-Dok, Humas Kumham Kalteng, Mei 2022)

Foto Dokumentasi:

 mangenta_3.jpgmangenta_2.jpg


Cetak   E-mail