Tingkatkan Akuntabilitas LKjIP, Kanwil Kemenkumham Kalteng ikuti Kegiatan Supervisi Penyusunan LKjIP

cek lkjip 1

Bogor - Kepala Bagian Program dan Humas beserta staf Program dan Pelaporan mengikuti Kegiatan Supervisi Belanja Modal dan Belanja Sewa serta Penyusunan LKjIP oleh Biro Perencanaan. Kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Pengayoman, Puncak, Bogor, Jawa Barat tersebut memiliki dua sesi kegiatan yaitu tanggal 18-19 Maret 2024 merupakan Supervisi terharap Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) dan sesi berikutnya 20-21 Maret 2024 merupakan Supervisi terhadap Belanja Modal dan Belanja Sewa pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah.

Pada sesi pertama, tim kanwil mendapat pengarahan oleh Tim Biro Perencanaan (Widi Sutresna) mengenai kondisi nilai SAKIP Kementerian Hukum dan HAM yang harus ditingkatkan secara bersama-sama, yang dapat dimulai dari Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis sebagai satker. Salah satu komponen pada nilai SAKIP adalah pelaporan kinerja atau dalam hal ini adalah LKjIP. Oleh karena itu, dilakukannya supervisi ini adalah untuk meningkatkan akuntabilitas pada LKjIP Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis sebagai satker dibawahnya, sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai SAKIP Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, kegiatan pada dua hari ini juga membahas mengenai matriks Rencana Aksi Perjanjian Kinerja yang harus dipenuhi oleh Kantor Wilayah sampai dengan Unit Pelaksana Teknis yang harus dilaporkan kepada UE I per-Triwulan.

Hasil yang diperoleh dari kegiatan selama 18-19 Maret 2024 ini yaitu diperolehnya Berita Acara penelitian terhadap LKjIP Kantor Wilayah Tahun 2023 yang nantinya dapat digunakan sebagai referensi perbaikan pembuatan LKjIP ditahun berikutnya. Sehingga LKjIP Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis dapat menyajikan laporan yang akuntabel baik untuk internal organisasi maupun masyarakat. (Red-dok, Humas Kemenkumham Kalteng, Maret 2024).

Foto Dokumentasi :
cek lkjip 4cek lkjip 4cek lkjip 4


Cetak   E-mail