Kanwil Kemenkumham Kalteng Terima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Lamandau

dprd lamandau perancang 1

Palangka Raya – Bertempat di Aula Mentaya pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM pada bidang Hukum menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Lamandau. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Divisi Administrasi (Joko Martanto) selaku Plh. Kakanwil Kemenkumham Kalteng dan didampingi Kepala Sub Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, dan seluruh JF Perancang Peraturan Perundang-undangan pad Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng. Kamis (28/03/24).

kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti proses fasilitasi harmonisasi tentang perlindungan petani  plasma sawit di Kabupaten Lamandau pada tahun 2023 sebelumnya.

Hasil yang diperoleh bahwa berdasarkan penyataan dari Kepala Bagian Hukum Sekretariat DPRD Kabupaten Lamandau sudah menerima hasil Surat selesai dan Berita Acara Harmonisasi tentang Perlindungan Petani Plasma Sawit, berkenan hal tersebut Tim Kantor Wilayah mengklarifikasi  bahwa Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng tidak pernah mengeluarkan Surat Selesai dan Berita Acara Ranperda dimaksud.

Lebih lanjut untuk menengahi permasalahan tersebut Tim kantor Wilayah menyarankan kepada pihak DPRD Lamandau untuk melakukan permohonan harmonisasi ulang kepada Kepala Kantor Wilayah sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Berdasarkan hal tersebut melalui Ketua Bapemperda meminta bantuan dari Tim Kantor Wilayah agar dapat membantu pelaksanaan proses harmonisasi terkait ranperda dimaksud, dan melalui Kasubsi dan Koordinator Perancang menyampaikan hal bahwa Kanwil Kemenkumham bersedia untuk membantu Pihak DPRD Lamandau, dan dalam pelaksanaan kedepan tim Kantor Wilayah siap membantu dalam proses pengharmonisasian nantinya sesuai dengan SOP dan mekanisme  serta telah memenuhi persyaratan berdasarkan Kemenkumham Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Pengharmonisasian, Pembulatan dan Pemantapan Konsepsi atas Ranperda Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Sesi kegiatan dilanjutkan ditutup dengan foto bersama antara Plh Kepala Kantor Wilayah dan Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Lamandau beserta rombongan. (Reddok, Humas Kalteng, Maret 2024).

Foto Dokumentasi:

dprd lamandau perancang 1

dprd lamandau perancang 1

dprd lamandau perancang 1


Cetak   E-mail