Perkuat Sinergitas, Bidang Inteldakim Divisi Keimigrasian Lakukan Koordinasi Ke Badan Kesbangpol Kab. Barito Timur

A.DIVIMKOORTAMIANG04

Tamiang Layang - Dalam rangka koordinasi dan meningkatkan sinergitas dalam pelaksanaan pengawasan keimigrasian di wilayah Kabupaten Barito Timur. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melalui Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Divisi Keimigrasian melakukan koordinasi ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Timur. Rabu (3/4/2024)

Koordinasi ini dilakukan oleh Kepala Sub Bidang Penindakan Keimigrasian (Hendar Setiawan), Kepala Sub Bidang Intelejen Keimigrasian (Kholilur Rohman) beserta staf Bidang Inteldakim yang di sambut hangat oleh Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Badan Kesbangpol Kab. Barito Timur (Haryudiansyah) beserta jajaran.

Dalam Koordinasi kali ini Tim Inteldakim membahas beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pengawasan orang asing. Selain bertukar pikiran dalam rangka menjaga kondusifitas dari pengaruh keberadaan dan kegiatan dari Warga Negara Asing (WNA) di Kabupaten Barito Timur. Dalam koordinasi ini juga menekankan pentingnya jalinan kerjasama yang baik dengan Kesbangpol Barito Timur, perihal deteksi dini tentang keberadaan WNA.

Hendar menyampaikan “Semoga dengan dilaksanakan koordinasi pengawasan orang asing ini dapat terpeliharanya stabilitas keamanan serta kewaspadaan sehingga kita dapat mendeteksi dini terhadap dampak negatif yang timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing yang tinggal di Wilayah Kabupaten Barito Timur”, ucap Kasubbid Penindakan Keimigrasian.

Kasubbid Intelejen Keimigrasian mengatakan “selain menjalin sinergitas kami juga berharap Badan Kesbangpol Barito Timur untuk dapat mensuport Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah dalam memberikan informasi terkait Tenaga Kerja Asing yang berada di Kabupaten Barito Timur guna mempermudah pengawasan terhadap TKA”, ungkap Kholilur Rohman.

Dalam pertemuan tersebut Haryudiansyah  menyambut baik kedatangan jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalteng dan siap membangun komunikasi yang lebih baik, serta dukungan kesbangpol dalam pertukaran informasi terkait keimigrasian khususnya keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kabupaten Barito Timur.

“Kunjungan ini sebagai awal dalam memperkuat sinergitas dalam pengawasan orang asing juga untuk dapat terus berkolaborasi dan mensuport Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah dalam melakukan tugas dan fungsi keimigrasian khususnya di wilayah Kabupaten Barito Timur”, ungkap Haryudiansyah

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat tersebut, pihak Kesbangpol berharap koordinasi seperti ini dapat senantiasa dilakukan dan terus ditingkatkan baik dalam komunikasi serta sinergitas antara pihak imigrasi dan Kesbangpol dalam pengawasan orang asing kedepannya serta dapat terpeliharanya Stabilitas Keamanan Daerah dan Nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat Keberadaan dan Kegiatan Orang Asing yang tinggal di Wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2024)

Foto Dokumentasi :

A.DIVIMKOORTAMIANG04A.DIVIMKOORTAMIANG04A.DIVIMKOORTAMIANG04


Cetak   E-mail