SANGAT MEMPRIHATINKAN!!!!!!, HUTAN DAN SEMAK BELUKAR HUNI LAPAS SUKAMARA

0.expedisi.lpskmr14

Sukamara (1/2) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas III Sukamara Nur Bambang ditemani oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Pangkalan Bun Arief Gunawan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas II A Palangka Raya Dyah Wandasari serta Humas Kantor Wilayah meninjau lokasi Lembaga Pemasyarakatan Klas III Sukamara yang terletak di jalan LP Sukamara. Menurut Bambang, peninjauan dilakukan guna menentukan langkah awal tentang bagaimana tindak lanjut kedepan agar Lapas Sukamara bisa operasional. Sebelum melakukan peninjauan ke lokasi Lapas, Bambang terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Pemasyarakatan. Dimana menurut Kepala Kantor Wilayah agar saat berada di lokasi untuk bisa didokumentasikan tentang kondisi sebenarnya tentang Lapas Sukamara.

Bambang mengatakan untuk menuju ke Lokasi Lapas Sukamara membutuhkan waktu tempuh dari Kota Palangka Raya sekitar 12 Jam perjalanan darat dengan kondisi medan yang sangat memprihatinkan keadaan jalan menuju sukamara harus melewati kabupaten lamandau karena jalan alternatif terdekat yakni melewati Kolam Kotawaringin Lama jalan putus total. Walaupun medan yang ditempuh cukup berat, akan tetapi dukungan dan semangat untuk mengetahui lokasi tidak menyurutkan niat bambang beserta teman-temen ke Kabupaten Sukamara. Sukamara yang merupakan salah satu Kabupaten Pemekaran yang merupakan pecahan dari Kabupaten Kotawaringin Barat sudah berusia 16 tahun akan tetapi Instansi Penegak Hukum yang ada di Sukamara hanya ada Kepolisian dan Kejaksaan sedangkan untuk Pengadilan Negeri belum ada.

Tiba dilokasi, melihat kondisi Lapas terasa sangat memprihatinkan. Karena hampir 95% Keadaan Lapas Sukamara tertutup oleh hutan dan semak belukar. Mulai dari struktur Gedung Kantor, bangunan terlihat kumuh dan keropos karena struktur bangunan belum sama sekali tertutup lapisan plester sehingga terlihat rapuh dan berlumut oleh panas dan hujan. Keadaan Dapur juga sudah sebagian rusak total terutama bangian tungku dapur pecah berantakan, keadaan dinding dapur penuh dengan coretan yang tidak semestinya ada. Pintu teralis dapur juga hilang entah kemana. Sampai pada atap dapur ditumbuhi tumbuhan semak belukar. Keadaan yang terjadi diblok tahanan juga terlihat tragis sekali karena mulai dari plafon mengalami rusak berat, Pintu sel Jatuh, Kamar blok ada yang hancur total.

Sementara itu untuk Tembok Keliling Lapas belum sepenuhnya terbangun karena dibagian samping dan belakang hanya terlihat tiang pancang tembok saja. Semuanya tertutup oleh hutan dan semak belukar sehingga menyulitkan kontributor Humas Kantor Wilayah untuk pengambilan gambar bagus sebagai bahan pembuatan laporan ke pusat. Melihat kondisi yang sangat memprihatinkan tersebut, Bambang akan melaporkan kepada Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Pemasyarakatan agar segera untuk ditindaklanjuti bagaimana cara mengatasi permasalahan yang terjadi pada Lapas Sukamara. Harapan Bambang, permasalahan ini harus dipecahkan secara bersama-sama sebagai prioritas utama agar nantinya segera bisa mengoperasionalkan Lapas Sukamara sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi terhadap bangunan yang sudah ada. Create & Dok : Pirhan Humas Kalteng.

Foto Dokumentasi :

Jalan Masuk Lokasi Lapas Sukamara

0.expedisi.lpskmr

 

Lokasi Lapas Sukamara

Struktur Gedung Kantor Lapas Sukamara

 

0.expedisi.lpskmr3

0.expedisi.lpskmr1

0.expedisi.lpskmr2

 

0.expedisi.lpskmr15

0.expedisi.lpskmr16

0.expedisi.lpskmr17

0.expedisi.lpskmr18 0.expedisi.lpskmr19

Bangunan Dapur Lapas Sukamara

0.expedisi.lpskmr5

0.expedisi.lpskmr6

0.expedisi.lpskmr7

0.expedisi.lpskmr8

0.expedisi.lpskmr9

0.expedisi.lpskmr10

0.expedisi.lpskmr11

0.expedisi.lpskmr12

0.expedisi.lpskmr13

 

Blok Tahanan Lapas Sukamara

0.expedisi.lpskmr30

0.expedisi.lpskmr31

0.expedisi.lpskmr32

0.expedisi.lpskmr33

0.expedisi.lpskmr34  0.expedisi.lpskmr35

0.expedisi.lp.lpskmr29

Tembok Keliling Lapas Sukamara

 

0.expedisi.lpskmr4

 

 

 

 

0.expedisi.lpskmr20

0.expedisi.lpskmr21

0.expedisi.lpskmr22

0.expedisi.lpskmr23

0.expedisi.lpskmr24

0.expedisi.lpskmr25

0.expedisi.lpskmr26

0.expedisi.lpskmr27

0.expedisi.lpskmr28

 

 

 

 

   

 

 

 


Cetak   E-mail