Screening Pemantauan COVID-19 di Rutan Buntok

buntok3.jpg

Buntok - Antisipasi penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Indonesia, Rutan Kelas IIB Buntok melakukan tindakan preventif dengan melakukan screening pemantauan COVID-19 kepada para pegawai dan warga binaan pemasyarakatan. (Sabtu, 04/04/2020).

Screening ini terdiri dari pengecekan suhu tubuh dan menyampaikan keluhan yang diderita. Pemeriksaan suhu tubuh ini bertujuan untuk melihat tingkat suhu tubuh para pegawai dan WBP, seperti yang diketahui salah satu gejala COVID-19 ialah mengalami demam atau suhu tubuh yang tinggi. Kemudian, para pegawai dan WBP diminta menyampaikan keluhan jika ada mengalami masalah kesehatan.

Kegiatan ini diawasi oleh Kepala Rutan dan petugas bidang kesehatan Rutan Buntok yang dilanjutkan dengan screening oleh tenaga kesehatan UPTD Puskesmas Buntok. Hasil rata-rata suhu tubuh para pegawai dan WBP berkisar 36,3 sampai dengan 37,6 derajat celsius. Keluhan yang dialami sebagian WBP hanya seperti batuk atau pilek. Sehingga, dihimbau lagi kepada WBP untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan dan sering mencuci tangan menggunakan sabun serta menjaga pola tidur yang teratur.

Diharapkan dari kegiatan ini agar dapat mencegah penyebaran virus corona di Rutan Buntok. "Seluruh pegawai agar mencuci tangan sebelum melewati pintu Penjaga Pintu Utama (P2U) dan menggunakan hand sanitizer kemudian memasuki box sterilisasi yang telah disediakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dilingkungan kerja", pungkas Kepala Rutan Buntok.

Upaya-upaya preventif terus dilakukan dalam mencegah penyebaran virus corona dan selalu menjaga kesehatan agar imunitas tubuh tidak menurun. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2020).

 

Foto Dokumentasi :

buntok5.jpg

buntok4.jpg

buntok2.jpg


Cetak   E-mail